Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar rapat koordinasi (Rakor) tahapan pencalonan Bupati-Wakil Bupati tahun 2024 di wilayahnya.

Kegiatan rakor ini dilaksanakan di Sopo Namora, Sipirok, Senin. Di hadiri sekaligus  dibuka Ketua KPU Tapsel Zulhajji Siregar. Ketua Bawaslu Tapsel Taufik Hidayat juga.

Chairul Rizal Lubis Kepala Bappeda Tapsel, dan Efendi Rambe, Divisi teknis penyelenggaraan KPU Tapsel, tampil sebagai nara sumber di kegiatan ini.

Ketua KPU Tapsel Zulhajji mengatakan, rapat koordinasi ini penting. Pasalnya terkait pencalonan kepala daerah. Perlu penyatuan persepsi berbagai elemen sebelum KPU berhadapan dengan tahapan itu.

"Ini maka KPU mengundang pihak partai politik, bawaslu, kepolisian, ormas, OKP, masyarakat, alim ulama, pemerhati, PWI Tabagsel, di samping seluruh komisioner KPU dan undangan lainnya dalam rapat ini," kata Zulhajji.

Apalagi pada PKPU Nomor 8 Tahun 2024 tentang tahapan pencalonan kepala daerah, terdapat berbagai isu-isu strategis yang krusial untuk di bahas bersama stakeholder.

"Oleh karena itu, rakor ini penting bagi KPU sebagai upaya lebih jauh memahami serta menguasai dan menafsirkan apa yang tertera dalam PKPU ini," sebutnya.

Termasuk yang dibahas penyusunan visi misi bakal calon bupati dan wakil bupati Tapsel Pilkada serentak 2024 yang diselaraskan dengan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD).

Di sampaikan KPU untuk jadwal pendaftaran pasangan bakal calon kepala daerah 27-29 Agustus 2024 setelah di awali pengumuman pendaftaran bapaslon 24-26 Agustus 2024.

Untuk pemeriksaan kesehatan pasangan balon 27 Agustus 2024 - 2 September 2024. Pemeriksaan kesehatan tanggal 27 Agustus - 2 September 2024. Penetapan paslon 22 September 2024, sedang Pilkada 27 November 2024.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024