Bagi anda yang hobi ngopi sambil ngobrol santai bersama keluarga dan sahabat serta rekanan bisnis lainnya, dapat mengunjungi warung atau kafe di sejumlah lokasi di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Tidak hanya berbagai jenis minuman bahan utama yang diracik dari biji kopi, tapi juga ada lontong Medan, lontong malam, nasi soto, nasi ayam penyet, mi Aceh serta sate, tersedia di warung-warung kuliner di kota terbesar di Pulau Sumatera itu.

Keramaian di warung-warung kuliner yang sebagian besar buka sampai larut malam menambah semarak dan membuat suasana nyaman dan aman di kota berpenduduk sekitar 2,5 juta jiwa tersebut.

Medan, yang berbatasan dengan Selat Malaka, sejak dulu dikenal sebagai kota perdagangan, industri dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Warga menyebut, menjamurnya warung-warung kuliner di Kota Medan itu sejak beberapa tahun terakhir dan sebagian besar pemiliknya adalah warga keturunan Aceh.

Alih-alih warung kopi, warga keturunan Aceh itu menyebut tempat dagangan kuliner mereka dengan warung kuphi.

Konsep bangunannya sederhana, namun yang penting memiliki areal yang cukup luas untuk  halaman parkir yang dapat menampung puluhan mobil dan kereta (sepeda motor).

"Bapak mau pesan apa?" Begitu ramahnya sapaan dari pelayan di salah satu warung di pusat Kota Medan, sambil memperlihatkan daftar menu warung kopi (warkop) di Jalan Karya Wisata, Medan Johor.

Minuman khas di sana antara lain secangkir teh tarik, arabika espreso, kopi sanger, kopi khop dan berbagai minuman lainnya, tentu harganya masih relatif murah dan terjangkau.

Bagi anda yang memiliki gawai tetapi kehabisan paket internet pribadi tidak perlu resah membuka internet, sebab rata-rata warkop tersebut menyediakan layanan internet gratis.

Aris Nasution, penduduk Kota Medan menyebutkan warkop-warkop kini telah menjadi tempat menarik bagi pecinta kuliner di kota kelahirannya, dan sebagai tempat silaturahmi antar sahabat dan keluarga.

"Kita bisa lihat, yang mengunjungi warkop ini juga orang tua yang turut membawa anak-anaknya untuk makan bersama pada sore atau malam hari. Bercanda sambil menikmati sajian mi Aceh," kata Aris.

Di sepanjang jalan Karya Wisata Medan Johor, ada Majelis Kuphi, dan Pos Kuphi. Selain itu ada juga Candu Kuphi dan KA Kuphi di pusat Kota Medan.

Ayo ke Kota Medan, selain berbelanja dengan harga murah, banyak tempat untuk menikmati kuliner khas lokal dan menu masakan nasional sambil juga berwisata sejarah seperti Istana Maimun, Masjid Raya Medan serta bangunan heritage kawasan Kesawan.

Pewarta: Azhari

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024