Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) mengintensifkan pengamanan di wilayah hukumnya menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga (PON) XXI yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Operasi khusus untuk PON belum ada, hanya saja kegiatan intensif terus dilakukan, salah satunya patroli ditingkatkan," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Sabtu.

Hadi mengatakan untuk memaksimalkan pengamanan, pihaknya juga menambah personel dalam patroli tersebut di berbagai wilayah hukumnya.

"Polisi terus bekerja untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat agar kondusif, termasuk setiap polres," tutur Hadi.

Dia mengatakan pelaksanaan patroli ini merupakan bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) untuk terus melakukan pengamanan di setiap wilayah hukum Polda Sumut guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

"Misalkan di daerah Kota Medan, Satuan Brimob Polda Sumut melakukan patroli intensif di sejumlah titik rawan kejahatan dan gangguan kamtibmas. Patroli ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah terjadinya tindak kriminalitas," ujarnya.

Brimob Polda Sumut, kata dia, akan terus melaksanakan patroli serupa di berbagai wilayah untuk mendukung Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sebelumnya, Polda Sumut mengatakan sebanyak 4.952 personel gabungan untuk pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dijadwalkan berlangsung September 2024 di wilayah ini.

Kekuatan personel ini merupakan gabungan dari unsur Polri, TNI, Basarnas, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Pemadam Kebakaran.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024