Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara, melakukan monitoring pergerakan harga dan stok bahan pokok di sejumlah pasar di wilayah di wilayahnya sebagai upaya mengendalikan laju inflasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Deli Serdang, Khoirum Rijal di Lubuk Pakam, Rabu, mengatakan, sejumlah pasar didatangi oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Deli Serdang untuk memonitor berbagai harga kebutuhan pokok.

"Seperti biasa, setiap menyambut hari besar keagamaan terjadi kenaikan harga. Beberapa pasar sudah ada menaikkan harga, namun sesaat. Tim melakukan monitoring di Pasar Bakaran Batu dan Pasar MMTC," katanya.

Hasil monitoring yang dilakukan di Pasar Bakaran Batu, diketahui harga beras medium Rp14.000/kg, gula pasir Rp18.000/kg, telur ayam broiler Rp27.000/kg, minyak goreng curah Rp16.000/kg, cabai rawit hijau Rp34.000/kg, cabai merah Rp54.000/kg, tomat Rp10.000/kg, bawang merah lokal Rp45.000/kg dan daging sapi Rp125.000/kg.

"Khusus komoditi cabai merah, saat ini harganya masih naik karena kekurangan pasokan. Kondisi itu diakibatkan pengaruh cuaca. Beberapa petani cabai merah di Deli Serdang beralih menanam tanaman lainnya diakibatkan cuaca yang tidak bisa diprediksi, makanya kita kekurangan pasokan cabai merah," katanya.

"Mudah-mudahan dengan dilakukannya monitoring, kita sudah mengetahui penyebab lonjakan harga beberapa bahan pokok, seperti cabai merah, bawang merah dan tomat. Kalau untuk beras dan minyak makan, harganya masih normal," tambahnya.

Selain melakukan monitoring harga sejumlah bahan pokok di pasar-pasar, Pemkab Deli Serdang juga akan menggelar pasar murah sebagai upaya untuk menjaga harga kebutuhan pokok tidak naik tajam di pasaran serta sebagai upaya mengendalikan laju inflasi menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Untuk pasar murah tersebut akan digelar di dua lokasi yakni di Kantor Camat Tanjung Morawa pada Kamis (13/6) dan di Lapangan Tengku Raja Muda (Lapangan Segitiga) Lubuk Pakam, Jumat (14/6).

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024