Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah ((Amphuri) Republik Indonesia Sumatera Bagian Utara memperkirakan kurang dari seribu jamaah asal Sumatera Utara (Sumut) yang melaksanakan ibadah umrah di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Kalau Ramadhan tahun ini estimasi angkanya tidak sampai 1.000 orang," ucap Ketua Amphuri Sumbagut Mitha Tanjung di Medan, Jumat.

Sekitar 1.000 jamaah melaksanakan ibadah umrah di Madinah dan Mekah Arab Saudi, lanjut dia, menggunakan sekitar 10 biro perjalanan umrah di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Jemaah yang menunaikan ibadah umrah ini, secara umumnya memberikan paket penuh dan paket awal bulan suci Ramadhan dengan start keberangkatan.

Tercatat dua maskapai melayani penerbangan langsung, baik ke bandara di Jedah maupun Madinah dari Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (12/3).

"Waktu ada penerbangan Lion dan Citilink. Saya lihat penumpang tidak penuh satu pesawat itu. Kapasitas Lion dari Medan langsung Madinah kurang dari 400 kursi," tutur Mitha.

Pihaknya mengatakan, travel umrah tahun ini melakukan konsorsium dengan beberapa biro perjalanan di luar Sumatera Utara untuk bisa memberangkatkan jemaah di bulan Ramadhan.

"Kondisinya lebih lumayan di 2023 dibanding tahun ini, karena animo sangat menurun. Mungkin mulai ada promosi harga murah. Kalau Ramadhan kita tidak berani bikin harga murah, karena itu 'bunuh diri'," tegas Mitha.

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumut menyebutkan dalam dua tahun terakhir terjadi peningkatan jamaah umrah Sumatera Utara menyusul membaiknya situasi usai pandemi COVID-19.

"Di 2023, jamaah umrah Sumatera Utara kurang lebih 38.224 orang," ucap Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut Zulfan Efendi.

Sementara pada 2022, jumlah jamaah umrah Sumatera Utara yang menunaikan ibadah umrah ke tanah suci di Arab Saudi tercatat sebanyak 27.994 jamaah.

Dengan kondisi ini, pihaknya mengaku jamaah umrah Sumatera Utara mengalami peningkatan sekitar 36,54 persen pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

"Tahun 2022 itu, selama setahun itu kurang lebih 27.994 orang. Itu satu tahun jamaah umrah Sumatera Utara," kata Zulfan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024