Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Prakirawan BBMKG Medan Utami Al Khairiyah di Medan Senin mengatakan, dalam beberapa hari ke depan sejumlah wilayah di Sumatera Utara berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat itu berpotensi terjadi di kawasan Lereng Barat dan Pantai Barat Sumatera Utara. Kondisi itu harus diwaspadai karena berpotensi dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya.

"Hujan rata-rata berpotensi terjadi sore dan malam hari," katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan.

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga sedang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Hujan intensitas sedang berpotensi terjadi di Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, Gunung Sitoli, Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu Selatan, Tapanuli Utara, dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di Tapanuli Tengah, Sibolga, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Humbang Hasundutan dan sekitarnya, serta pada dini hari rata-rata berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara.

Sementara suhu udara rata-rata 16-32.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 65-95 persen, dan angin berhembus dari Utara menuju Tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam.

"Sementara terkait titik panas atau hotspot, berdasarkan pantauan satelit, dalam beberapa hari terakhir sama sekali tidak terpantau," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024