Wali Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) Bobby Nasution membawa kembali Piala Adipura 2023 bidang penanganan kebersihan dan lingkungan hidup perkotaan setelah 12 tahun menunggu.

"Penghargaan ini merupakan kolaborasi Pemkot Medan dengan seluruh pemangku kepentingan bidang penanganan sampah dan lingkungan hidup di kota ini," kata Bobby di Medan, Selasa.

Penghargaan ini, lanjut dia, juga tidak terlepas atas peran masyarakat Kota Medan yang telah berpartisipasi aktif menjaga maupun peduli kebersihan lingkungannya masing-masing.



Kota Medan meraih Piala Adipura 2023 dalam kategori Kota Metropolitan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong menyerahkan penghargaan itu kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan Muhammad Husni.

"Saya mengucapkan terima kasih. Semoga penghargaan Adipura ini kian memotivasi Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan untuk konsisten menjaga lingkungan guna mewujudkan Medan kota bersih dan sehat," tutur Bobby.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut mengucapkan selamat atas penghargaan Adipura yang diterima ini.

"Saya ucapkan selamat kepada para kepala daerah penerima penghargaan Adipura 2023. Penghargaan ini representasi kesungguhan mengatasi persoalan lingkungan pada umumnya, juga persoalan sampah dan ruang terbuka hijau khususnya," ucapnya.

Ma'ruf menyebut penghargaan Adipura ini akan memicu semangat mengatasi persoalan sampah di masing-masing wilayah, sehingga kabupaten/kota di Republik Indonesia mampu bersaing secara global.

"Tentu ke depan saya harapkan program ini dapat terus diperkaya dengan ragam inovasi, sehingga mampu menyesuaikan dinamika zaman serta perubahan arah kebijakan," katanya.



Wakil Presiden berharap agar esensi Adipura tetap terjaga. "Saya mengajak pemerintah daerah bersama masyarakat mewujudkan pembangunan berkelanjutan," tutur Ma'ruf.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menjelaskan Adipura merupakan agenda nasional yang bergulir sejak tahun 1986.

Pemberian Adipura 2023 dilakukan berdasarkan hasil pemantauan fisik kota, penilaian kinerja pengelola sampah dan ruang terbuka hijau, dan penilaian kondisi operasional dari TPA.

Kemudian, melihat inovasi dilakukan daerah dalam mewujudkan kota bersih, teduh dan berkelanjutan.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Michael Teguh Adiputra S


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024