Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, menyebutkan para kelompok tani setempat agar memanfaatkan lahan kosong milik warga untuk menanam berbagai jenis hortikultura.

"Kita harapkan kehadiran ibu ketua TP PKK Kota Medan menjadi motivasi, sehingga tersebar ke seluruh lingkungan Kota Medan untuk membuat satu kelompok memanfaatkan lahan kosong seperti ini," kata  Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan Gelora Ginting di Medan, Senin, saat panen cabai hasil kolaborasi instansi tersebut bersama Bank Indonesia di lahan milik warga.

Pihaknya tahun lalu telah memberikan bantuan bibit cabai kepada Kelompok Tani Bogainvile di Kelurahan Pulo Brayan Darat II, Kecamatan Medan Timur.

Bibit itu selanjutnya disemai dan dirawat agar tumbuh dengan baik oleh salah satu kelompok tani binaan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan.

"Kelompok tani ini sangat baik merawat, dan menjaga tanaman tetap tumbuh. Hari ini, kita lihat hasilnya cukup bagus. Semoga ini dapat dijadikan contoh bagi kelompok tani lainnya di Kota Medan," tutur Gelora.

Ketua Kelompok Tani Bogainvile Muhammad Fadli mengaku cukup senang dengan kehadiran Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu yang memanen cabai merah di lahan ini.

Menurutnya, awalnya lahan pekarangan ini bakal dijadikan sebagai tempat menanam cabai karena pihaknya mendapat bantuan dari Bank Indonesia bersama Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Medan.

"Di Oktober lalu kita dikasih bibit cabai merah dan diminta mengelola bibit itu memanfaatkan lahan tidur. Kita letakkan bibit tersebut di lahan pekarangan ini, alhamdulillah tumbuh," jelas dia.

Pihaknya menyebutkan telah memanen cabai merah sejak diberikan bantuan bibit sebanyak empat kali dengan total menghasilkan sekitar empat kilogram cabai merah.

"Kendala yang dihadapi merawat cabai merah ini, selain cuaca adalah ketersediaan air. Karena tanaman ini harus menggunakan air tanah, dan di sini tidak ada sumur sehingga kita sedikit bekerja ekstra," tutur Fadli.

Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu memanen cabai merah bersama Kelompok Tani Bogainvile di lahan pekarangan milik warga, Jalan Karikatur, Kelurahan Pulo Brayan Darat II.

"Saya apresiasi kelompok tani ini, karena memanfaatkan lahan kosong. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, tentu membantu ekonomi rumah tangga," ungkap Kahiyang.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024