Ketua Dekranasda Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengikuti rapat kerja daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Sumatera Utara 2024 di Medan, berkaitan upaya peningkatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kegiatan Rakerda Dekranasda ini berlangsung pada Senin (15/1) di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan," kata Rosalina dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa.

Rosalina lanjut mengatakan, Pj.Ketua Dekranasda Sumut Ny Dessy Hasanuddin dalam rapat meminta Dekranasda kabupaten/kota untuk terus mendorong pelaku UMKM (produk unggulan) di daerah masing-masing.

"Terlebih Tahun 2024 agenda PON Sumut - Aceh yang bakal menjadi momentum untuk dapat memperkenalkan Produk UMKM Sumatera Utara kepada masyarakat luas. Jadi Rakerda ini penting," kata Rosalina.

Dekranasda Tapsel sendiri, ungkap Rosalina, telah bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan juga Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM daerah. Baik pelatihan pengolahan salak, kepada para pelaku UMKM dan masyarakat Tapsel.

"Sejalan dengan diharapkan Dekranasda Provinsi Sumut, Tapsel sudah mempunyai produk unggulan dari buah salak, seperti sambal salak, selai salak, sirup salak, dan coklat salak, di samping produk unggulan seperti tenun dan lainnya," jelas Rosalina.

"Pun demikian kami Dekranasda Tapsel berharap agar Dekranasda Sumut terus dapat memberikan pelatihan/pembinaan demi lebih maju dan berkembangnya lagi produk-produk UMKM Tapsel," tutur Rosalina.

 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2024