Polres Serdang Bedagai (Sergai) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kerukunan antarumat demi terciptanya Pemilu 2024 berjalan damai.

"Meskipun berbeda pilihan, namun kita adalah bagian dari satu bangsa. Semangat Bhineka Tunggal Ika harus senantiasa menginspirasi demi terwujudnya Pemilu 2024 yang aman dan damai," ujar Wakapolres Sergai, Kompol Damos C Aritonang SIK MH, Senin (27/11).

Ajakan itu disampaikan Kompol Damos C Aritonang dalam dialog harmonisasi kerukunan jelang Pemilu 2024 bersama Forkomfinda Kabupaten Serdang Bedagai.

Damos mengingatkan masyarakat untuk tetap satu dalam perbedaan, menciptakan pemilu yang aman dan sejuk.

"Keberagaman adalah kekayaan bangsa Indonesia. Karena itu, pentingnya masyarakat menciptakan lingkungan yang damai dan sejuk, di mana setiap warga dapat berpartisipasi dalam mengawasi jalannya tahapan-tahapan Pemilu dengan aman dan nyaman," imbuhnya.

Dalam upaya menjaga keamanan, Polres Sergai juga mengajak masyarakat untuk melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan atau potensi gangguan keamanan selama tahapan Pemilu 2024.

"Hindari provokasi, memahami perbedaan pendapat, dan menyelesaikan konflik melalui jalur dialog. Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal bagi masyarakat Kabupaten Sergai. Begitupun, semua lapisan masyarakat diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan pemilu yang damai," sebutnya.

Melalui dialog ini, kata Damos Polres Sergai berharap dapat membentuk kesadaran kolektif tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam perbedaan.

"Semangat Bhineka Tunggal Ika diharapkan akan menjadi pilar utama dalam menjaga kerukunan dan kedamaian selama proses Pemilihan Umum 2024," pungkasnya.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023