Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Muryanto Amin, SSos, MSi menggelar wisuda Periode I Tahun Akademik 2023/2024 dengan  jumlah peserta  sebanyak 2.279 mahasiswa lulusan dari Agustus hingga Oktober 2023 bertempat di Auditorium USU, Medan.

"Sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia, USU telah melakukan berbagai penataan program selama tiga tahun terakhir dan terus berlanjut tanpa henti, agar menghasilkan alumni yang product knowledge based," kata Muryanto, ketika mewisuda 2.279 wisudawan, Rabu (22/11).

Ia menyebutkan program layanan Tri Dharma yang diberikan USU menjadi bagian untuk menciptakan critical thinking yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi dunia kerja.

USU telah meletakkan fondasi untuk memperkuat academic environment dengan standar yang direkognisi oleh lembaga penilai nasional maupun pemeringkatan lembaga internasional yaitu QS dan THE.

Capaian di tingkat nasional di antaranya adalah BAN-PT telah menetapkan USU meraih Akreditasi Unggul Tahun 2022 dan sebanyak 44 persen program studi telah meraih akreditasi unggul/A dan 47% meraih akreditasi Baik Sekali/B. 

"USU mendapatkan nilai A untuk SAKIP tahun 2023, meraih predikat ZI/WBK dari Kemen PAN-RB, meraih sembilan penghargaan Anugerah DiktiRistek, dan PPID informatif dari KIP Pusat. Prestasi delegasi mahasiswa USU dalam kompetisi nasional berhasil meraih 238 emas, 145 perak dan 90 perunggu," ucapnya.

 

Muryanto mengatakan di tingkat internasional Program Studi terakreditasi iternasional yaitu  S1 Kesehatan Masyarakat, sedangkan akreditasi internasional on going yaitu S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro dan S1 Teknik Industri. QS WUR telah memasukkan USU menjadi 26 universitas di Indonesia dalam pemeringkatan tahun 2024 dan hanya 15 PTN serta 5 PTS yang masuk dalam pemeringkatannya. QS WUR 2024 merilis 1.500 universitas di seluruh dunia dalam pemeringkatannya pada Juli 2023.

USU telah memiliki standar sebagai universitas berkelas dunia (world university ranking) di peringkat 1.201 QS WUR Tahun 2023, peringkat 1.501 THE WUR Tahun 2023, urutan 5 terbaik PT di Indonesia versi Schimago Rank Tahun 2023, naik peringkat dari urutan 28 ke 12 PTN di Indonesia versi Webometric Tahun 2023, meraih 401-450 QS AUR Tahun 2023 atau naik 50 peringkat dari tahun lalu. Prestasi mahasiswa USU pada Tahun 2023 meraih 47 medali emas, 38 medali perak dan 50 medali perunggu di berbagai kompetisi internasional.

"Pada tahun 2023 ini, USU melaksanakan Program Enhanching Quality Education for International University Recognition (EQUITY) sebagai ikhtiar untuk mencapai peringkat 500 QS universitas berkelas dunia. Proses perbaikan penilaian dari berbagai lembaga di tingkat nasional dan internasional tersebut, menjadi penguat bahwa adaptasi Tri Dharma di USU sedang berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan, bahkan beberapa indikator mengalami proses kemajuan lebih cepat dari rencana semula," katanya.

Rektor juga menambahkan memerlukan bantuan dari seluruh masyarakat, yang akan mempercepat transformasi USU menjadi perguruan tinggi yang disegani di dunia internasional. Lulusan yang dihasilkan USU mampu menjadi pembelajar tangguh tanpa henti. 

"Sekali lagi, kami sangat yakin, lulusan USU akan mampu mengikuti dan mendalami perannya agar bermanfaat bagi orang lain dan lingkungannya. Dukungan dan doa dari masyarakat sangat penting bagi kami, agar penyelenggaraan Tri Darma di USU mampu menghasilkan Generasi Emas Indonesia," kata Muryanto.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023