Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) berhasil meraih Juara Satu Finalis Integratrd Sustainability Indonesia Movement (I-SIM) SDG's (Sustainable Development Goal's) For Regencies 2023 pada gelaran SDGs Annual Conference 2023 di Yogyakarta.

Ini sebuah ajang bergengsi yang diselenggarakan Kementerian PPN/Bappenas bekerjasama Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan PT Surveyor Indonesia dan KKPOD untuk menggerakkan pembangunan berkelanjutan di kabupaten seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, proses awal 416 kabupaten yang ada di Indonesia lalu terjaring 103 Kabupaten. Dan kita lolos Top 10 lalu masuk Top 3 Program I-SIM For Regencies," Bupati Tapsel Dolly Pasaribu dari Yogyakarta melalui selularnya kepada ANTARA di Sipirok, Senin (6/11).

Keberhasilan Pemkab Tapsel meraih peringkat satu terbaik nasional dari 103 kabupaten dalam rangka Indonesia's SDGs Action Award 2023, mengusung tema "Hatabosi dan Kelapa Sawit Berkelanjutan, Integrasi Upaya Pelestarian SDA di Hulu dan Hilir Sungai Batang Toru."

Tentu setelah verifikasi faktual data dan lapangan yang dilakukan Tim Surveyor Indonesia, Juara kedua Kabupayen Bandung disusul Juara Ketiga Kabupaten Temanggung.
 

Di katakan pelestarian kearifan lokal Hatabosi sendiri dalam rangka mendukung pertanian berkelanjutan dan ketahanan pangan, ketersediaan sumber energi baru terbarukan sekaligus rumah bagi berbagai keanekaragaman hayati.

"Sedang Kelapa Sawit Berkelanjutan dalam bentuk 3R yaitu rewetting, revegetation dan revitalization agar sawit di lahan gambut yang rawan terbakar, produktivitas rendah "berubah" menjadi lahan sawit yang dijaga ketinggian air sehingga mengurangi emisi karbon yg sekaligus meningkatkan produksi sawit dan early warning system," ringkasnya.

Dolly mengucapkan terima kasih kepada para juri yang telah memberikan penilaian dan kepercayaan secara akuntabel kepada pihaknya termasuk kepada seluruh pihak yang telah bekerja maksimal hingga program kearifan lokal Hatabosi dan Sawit Berkelanjutan berhasil membawa Pemkab Tapsel Juara Satu I-SIM For Regencies 2023.

Sebelumnya di Jakarta 30 Oktober 2023, Dolly berhasil meyakinkan para panelis yang terdiri dari Prof. Zuzy Anna MSi, SSi, DR. (Cand) Billy Mambrasar, ST. MBA. MSc, DR. Vivi Yulaswati, MSc, DR. Hendricus Simarmata, ST. MSi merupakan para akademisi yang ditunjuk sebagai dewan juri ajang ini.

Di dampingi Kepala Bappeda Tapsel CH Rizal Lubis, Dolly menyampaikan penghargaan untuk Juara Satu Indonesia's SDGs Action Award 2023 diserahkan langsung Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa, Senin (6/11/2023) di Yogyakarta.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023