Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, menargetkan berbagai  produk unggulan pelaku UMKM di daerah itu tahun depan dapat menembus pasar nasional.

Kepala Dinas Koperasi dan UMK Tapanuli Tengah, Samrul Bahri Hutabarat di Pandan, Sabtu, mengatakan,  melalui Seketaris Dinas Koperasi  UKM Panuturi Simatupang, sebagai upaya untuk meningkatkan dan memajukan UMKM di daerah itu, pihaknya terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap pelaku UMKM, untuk mengembangkan produk unggulan Tapanuli Tengah.

"Saat ini kita mengalami keterbatasan dana, Pemerintah Tapanuli Tengah hanya mendapatkan Dana Alokasi Khusus (Dak) itu kita peruntukkan untuk melakukan pelatihan UMKM kita. Ada 26 pengurus UMKM dilatih tentang kesehatan koperasi dan juga mendapatkan pelatihan bagai mana menyusun rapat anggota koperasi," ujarnya.

Lanjutnya, dengan keterbatasan anggaran Dinas Koperasi dan UKM Tapanuli Tengah, hanya melakukan pelatihan tata rias artis dan tata boga.



"Pelatihan yang paling diutamakan tahun ini hanya tata boga, dengan keterbatasan dana lewat pelatihan tata boga tersebut, pelaku UMKM dibawa binaan kita dapat mempromosikan makanan Tradisional Tapanuli Tengah. Seperti, gula injit , keripik ubi, ulos dan ciri khas makan asal Tapteng lainnya" katanya.

Masih Katanya, meski pun demikian Dinas Koperasi dan UKM telah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM seperti, steling, mikser, fiber ikan, jaring, pengiris singkong dan mesin jahit.

"20 gerobak dan Tenda, beserta peralatan lainnya sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM telah diserahkan, dengan harapan dapat meningkat mutu lebih baik lagi," ucapnya.

Sambungnya, untuk tahun depan Dinas Koperasi dan UKM akan targetkan hasil produk hasil UMKM tembus pasar tingkat Nasional.

"Saat ini yang menjadi kendala bagi kita sulitnya untuk mencari market,  maka dari itu tahun depan kita akan buat Programkan marketnya bersama dengan pelaku UMKM, dengan harapan hasil dari produk unggulan kita dapat tembus pasar nasional," pungkasnya.

Pewarta: Tamy Arfandhi Sianturi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023