Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah dan sekitarnya, untuk tetap waspada dan berhati-hati di tengah-tengah
Intensitas hujan tinggi yang mengguyur Tapanuli Tengah dan sekitarnya.

Imbauan tersebut disampaikan Pj. Buapati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, usai melayat ke rumah duka Kenzo Pandiangan (7) yang hanyut terseret arus sungai saat mandi-mandi bersama ketiga temannya di sungai Aek Panapahan, Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu (20/09).

"Mengingat saat ini Intensitas hujan  tinggi di Wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah dan sekitarnya, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat  Tapanuli Tengah, agar tetap waspada dan berhati-hati menjaga anggota keluarganya,"imbaunya.

Lanjutnya, khususnya masyarakat yang berada di tepi pantai dan perbukitan agar dapat lebih waspada, jika kondisi suda tidak memungkinkan lebih baik untuk mengungsikan diri, guna menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.


"Kami turut berduka atas kejadian ini, semoga keluarga yang ditinggal kuat dan tabah. Sekali lagi Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam cuaca curah hujan yang tinggi seperti saat ini," ungkapnya.

Kapolres Tapanuli Tengah, AKBP Basa Emden Banjarnahor melalui Kasi Humas, Kompol Horas Gurning, membenarkan kejadian tersebut. Kronologis kejadian sekitar Pukul 16.00 WIB,  korban bersama tiga orang  temannya yakni, Akia Tampubolon (11), Sri Gultom (10) dan Dani Pandingan (9) sedang mandi di sungai Aek Panapahan. 

"Saat mereka ini mandi-mandi, tiba tiba air sungai naik tinggi karena hujan deras lalu korban pun terseret arus sungai,"terangnya.

Sambungnya, korban yang diketahui terseret arus sungai disampaikan kepada warga dan keluarga korban dan dilakukan pencarian bersama Bhabinkamtibmas Polsek Pandan.

“Kondisi Korban ditemukan sudah tidak bernyawa sekitar pukul  17.15 WIB sekitar 15 meter dari lokasi,  korban tersangkut di kayu dan langsung dilarikan ke Puskesmas. Namun, pihak Puskesmas menyatakan Korban sudah tidak dapat diselamatkan. Untuk itu, tetap waspada perhatikan anak-anak kita, jangan bermain disekitaran arus air deras, sungai ataupun laut untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak di inginkan," pungkasnya.

Pewarta: Tamy Arfandhi Sianturi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023