Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Utara Jhon Lubis mengatakan pihaknya akan melibatkan psikolog untuk membangkitkan mental para atlet Sumut di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024.

"Kami akan melibatkan para psikolog untuk membangkitkan mental para atlet Sumut pada PON mendatang," ujar Jhon Lubis pada Pelatihan Manajemen Formasi Keolahragaan KONI Medan, di Medan, Rabu.

Ia menjelaskan, selain fisik dan teknik, hal yang tidak boleh luput dari perhatian dalam olahraga adalah mental untuk menjaga performa para atlet.

"Peran psikolog diharapkan bisa maksimal dalam mempertebal mental bertanding atlet-atlet Sumut untuk meraih target yang telah direncanakan," kata Jhon.

Hal senada juga disampaikan Ketua Olahraga Karate-Do Indonesia Kota Medan, Hasrul Benny Harahap, ia mengatakan psikologi olahraga merupakan satu hal yang sangat penting dalam dunia olahraga.
 


"Psikologi para atlet sangat berpengaruh dalam pertandingan dan disitu la peran psikolog untuk menghandelnya," ujar Benny Harahap.

Ia menjelaskan, psikologi olahraga membahas tentang perubahan-perubahan tubuh seperti peningkatan atau kemunduran performa atlet hasil dari program latihan.

"Dan biasanya bidang ini berhubungan dengan ilmu faal olahraga," ujar Benny.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023