Sumatera Utara akan menurunkan 12 atlet taekwondo menghadapi Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) XVI/2023 di Sumatera Selatan, 26 Agustus - 4 September 2023 mendatang.

Para atlet ditangani tiga pelatih, yakni Basuki Nugroho, Prabudi Ginting dan Tejo Harianto.

"Persiapan sampai sejauh ini berjalan baik, sesuai dengan program dan target yang kami inginkan baik dari kondisi fisik, teknik dan mental atlet," ucap pelatih taekwondo Sumut, Basuki Nugroho di Medan, Kamis.

Basuki yang pernah meraih emas PON 2012 ini menjelaskan, saat ini para atlet sedang menjalani Pelatda (TC) penuh bertempat di Hotel Raz Medan.

"Kalau TC berjalan sudah dimulai sejak 25 Juli 2023 bertempat di 4 lokasi (desentralisasi) yakni di GOR Cemara Asri (khusus atlet Poomsae), di PPLP Sumut, PPLP-D Medan dan Pengcab Karo. Baru Sentralisasi mulai awal Agustus dan 20 Agustus masuk Raz Hotel pelatda penuh yg diadakan Dispora Sumut," katanya.
 

Basuki mengatakan, para atlet sebelumnya mengikuti seleksi pada 20-30 Juli 2023 di GOR Cemara Asri. Dari seleksi itu terjaring 6 atlet putra dan 6 putri.

Mereka adalah Edgar R Mahardika, Dirga Mulia Akbar, Farrel Pelawi, Arfan Syam Rossa, Delfi Ryan R dan Raja Hasnul Siregar pada kelompok putra. Sedangkan Hanna Salsabila, Saskie Sufitri, Nia Ramadhani, Syaida Sari, Dwi Jayanti dan Cyndi Figo pada kelompok putri.

Basuki mengaku persaingan di Popnas 2023 akan ketat. Ada 24 nomor yang dipertandingkan nantinya, namun setiap provinsi hanya bisa mengikuti maksimal 18 nomor.

"Untuk Popnas ini, kami berusaha semaksimal mungkin. Targetnya bisa mempertahankan bahkan melebihi pencapaian Popnas sebelumnya 2 emas, 1 perunggu," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023