Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Baskami Ginting mengatakan hadirnya jalan tol jalur Medan-Kisaran akan meningkatkan perekonomian di Ibu Kota Medan tersebut.

"Hadirnya jalan tol Medan-Kisaran meningkatkan potensi ekonomi di kawasan itu," ujar Baskami di Medan, Selasa.

Menurutnya, jalan tol Medan-Kisaran menghubungkan sentra produksi ekonomi, baik pabrik maupun UMKM di wilayah setempat, serta menjadi akses ke berbagai destinasi wisata.

Baskami melanjutkan, jalan tol tersebut juga akan membuat efektivitas arus barang dan jasa menjadi lebih baik.
 

"Kita tahu perjalanan Medan ke Kisaran lewat jalur non-tol  memakan waktu 4 jam, tapi lewat jalan tol hanya 2 jam saja. Hal ini selain dapat meningkatkan mobilitas barang dan jasa, juga penghematan biaya operasi kendaraan yang dapat meningkatkan margin keuntungan," tuturnya.

Baca juga: Ketua DPRD Sumut: Penguatan sinergi antarlembaga untuk kemajuan daerah

Humas tol Indrapura-Kisaran, Yusuf  mengatakan panjang tol Indrapura ke Kisaran 47,75 kilometer memiliki pengerjaan dua tahap. Dimana tahap pertama ada di tol Indrapura-Limapuluh dengan panjang 15,6 kilometer sudah selesai 99,9 persen.

Sedangkan tol Limapuluh-Kisaran yang memiliki panjang 32,15 kilometer kini telah rampung 82,5 persen untuk pembangunan fisik.

Menurutnya, tol tersebut akan dilakukan uji kelayakan pada tahap 1 tol Indrapura-Limapuluh oleh tim ULF (uji laik fungsi), dan direncanakan uji layak ruas tol tahap 1 Indrapura-Limapuluh.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023