Bupati dan Bunda PAUD Tapanuli Selatan (Tapsel) merasa terpukau atas berbagai penampilan yang ditunjukkan kelompok anak-anak pada saat memeringati Hari Anak Nasional (HAN) 2023 di kabupaten itu.

Berbagai karya seperti tarian adat berbagai daerah, tari dan lagu kreasi, drama, mereka (anak-anak) tampilkan untuk menghibur HAN yang diperingati pada Minggu (30/7), di Sopo Daganak, Kecamatan Batang Toru di wilayah itu.

"Luar biasa, saya bangga atas semangat tampilan karya anak-anak kita ini. Peringatan HAN kali ini menjadi pemantik semangat wujudkan anak Tapsel jauh lebih sehat, cerdas dan sejahtera, sesuai visi misi Tapsel," kata Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu saat sambutan di acara itu.

Bupati mengungkapkan "atas semangat bersama yang kita dorong, seperti waktu lalu Tapsel raih juara terbaik dalam kategori Pagelaran Seni dan Budaya pada pagelaran PRSU di Medan, pada umumnya diperankan anak-anak."

Disinggung juga pemuda-pemuda Tapsel magang ke mancanegara lewat Balai Latihan Kerja (BLK) Siharang-Karang, dan ada lagi pemasaran digital produk-produk unggulan, kebudayaan, pariwisata Tapsel lewat media sosial yang sudah sampai ke luar negeri.

Di samping itu Bupati tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada PT Agincourt Resources (AR), pengelola Tambang Emas Batang Toru, telah mendukung program-program pemerintah daerah terkait kemajuan anak Tapsel.

Selain pemotongan nasi tumpeng, dalam memeriahkan HAN itu Bupati Tapsel juga membagikan bingkisan berupa makanan,l kepada ratusan anak-anak. 

Di saat bersamaan memeringati HAN ini, Bunda PAUD Tapsel Ny. Rosalina Dolly Pasaribu juga hadir kumpul bersama anak-anak Sipirok di halaman kantor camat setempat. Rosalina berharap forum anak mampu menjadi sarana dan ajang kreativitas anak-anak Tapsel yang ingin maju.

"Kiranya Forum Anak Tapsel atau "Fantas" juga mampu menjembatani segala kebutuhan para anak, termasuk agar mampu bergerak cepat, untuk hasil kecerdasan sensorik, motorik anak berjalan baik," harap Rosalina.

Tema Hari Anak Nasional Tahun 2023 kali ini "Anak Terlindungi Indonesia Maju", dengan Sub Tema "Merawat Tradisi, Lestarikan Budaya Nusantara.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023