Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto memuji pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kota Medan, Sumatera Utara, berjalan lancar.

Pujian ini disampaikan Hadi Tjahjanto usai membagikan Sertifikat PTSL kepada 10 warga Kecamatan Medan Denai di Jalan Jermal VII, Medan, Kamis (20/7).

Dia menyatakan, Kota Medan adalah salah satu contoh kota di Indonesia yang proses pelaksanaan PTSL.

"Karena apa?. Karena pemerintah daerah,  termasuk BPN turun ke lapangan untuk mengecek secara langsung. Karena itu saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution," ungkapnya.

Menteri bersama Wali Kota Medan sengaja turun langsung ke lapangan membagikan sertifikat tanah gratis ini langsung ke rumah warga penerima.

Adapun 10 warga Medan Denai menerima Sertifikat PTSL. Di Jermal V Sudewa (luas tanah 133 m2), Jalan Jermal VII Gang Family 61
Sukmadi (luas tanah 229 m2), Adriansyah qq ahli waris Suyanto (luas tanah 136 m2), Rahayu (luas tanah 137 m2).


Kemudian Juminem (luas tanah 131 m2), Bayu Anggara (luas tanah 229 m2), Risman (luas tanah 88 m2), Sumantri (luas tanah 137 m2), Diki Ramadhan qq ahli waris Suyanto (luas tanah 90 m2). Jalan Jermal VII
Rikadius (luas tanah 191 m2).

"Kita ingin mengetahui apakah ada kutipan, bagaimana kecepatan pengurusan, dan masalah-masalah lain. Medan adalah sampel daerah yang proses PTSL-nya berjalan lancar," ucap Hadi. 

Rukadius, warga Jalan Jermal VII penerima sertifikat PTSL mengaku tidak bisa menahan rasa haru karena sertifikat ini memang sudah lama didambakannya.

"Terlebih yang mengantar langsung pak Menteri bersama Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution," ungkapnya. 

Dia menyatakan, tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendapatkan sertifikat tanah ini. "Pihak kecamatan maupun kelurahan benar membantu proses pelaksanaan pemberian sertifikat ini," katanya. 

 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023