Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat masuk dalam 75 besar Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dan mendapatkan piagam, plakat, prasasti dan souvenir.

Penyerahan tersebut dilakukan Menteri Sandiaga Uno di Desa Wisata Hariara Pohan Kecamatan Harian Kabupaten Samosir, Kamis (20/7).

Hal itu disampaikan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Langkat Nur Elli Heriani Rambe, di Stabat, Kamis (20/7).

Pada kesempatan itu Menteri Sandiaga Uno juga menyerahkan satu unit printer, satu unit laptop untuk Desa Wisata Perkebunan Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok.

Sementara itu sebelumnya Direktur Tata Kelola Destinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf) RI Indra Ni Tua, ST, M.Comm mengunjungi kawasan itu.

Kedatangan Tim Kemenparekraf RI  Kabupaten Langkat diterima oleh Bupati Langkat yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum dan Pemerintahan, Musti, SE, beserta jajaran perangkat daerah bersama dengan pengurus Desa Bukit Lawang, Kades, Bumdes dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Kegiatan visitasi ADWI tersebut dilaksanakan di Halaman Kantor Desa Perkebunan Bukit Lawang.
 

Dalam kunjungannya Direktur mengucapkan selamat atas keberhasilan Desa Perkebunan Bukit Lawang, Kabupaten Langkat menyisihkan 4.573 peserta lain, dan  masuk tiga terbaik desa wisata di Provinsi Sumatera Utara. 

Ia menyebut daya tarik Desa wisata Bukit Lawang memiliki keunikan tersendiri, yang tidak ada di tempat lain seperti adanya Satwa ikonik yang dilindungi orang utan Sumatera, Alam dan air yang sejuk, serta produk kuliner dan ekrafnya yang unik.

Direktur Tata Kelola Destinasi didampingi  Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, turut menyambangi semua produk asli Desa Wisata Bukit Lawang mulai dari kuliner khas umbut, ingkung, cimpa, magic drink, teh telang, seni kriya bambu, lidi sawit, dan ukiran orang utan. Tak lupa pula menyaksikan penampilan seni dari anak-anak generasi muda Bukit Lawang melalui Sanggar Leuser.

Melalui kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan seluruh stakeholder tentang pentingnya kerja sama yang baik dalam memajukan pariwisata. 

Karena Desa Wisata dapat juga menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023