Pemkab Langkat melaksanakan kegiatan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah Tahun 2023 di Lapangan Alun-alun Tengku Amir Hamzah Kelurahan Kwala Bingai Kecamatan Stabat, yang dihadiri oleh Pelaksana Tugas Bupati Syah Afandin, Kamis (29/6), juga 1.000 warga yang memadati tempat tersebut.

Pada kesempatan itu bertindak sebagai Imam /Khatib H. Mansyur, S.Ag yang dihadiri lebih kurang 1.000 orang jamaah yang terdiri dari masyarakat sekitar.

Hadir juga Kabag Ops Polres Langkaf AKP Sahrial Sirait, SH,MH, Kapolsek Stabat AKP Ferry Apriyandi, SH,MH  
Para Asisten dan Staf Ahli PemKab. Langkat, anggota DPRD Pujianto SE, dan berbagai tokoh masyarakat lainnya.

Pelaksana tugas Bupati Langkat Syah Afandin sebelum pelaksanaan Sholat Idul Adha 1444 Hijriah menyampaikan dimana hari ini kita berhari Raya Idul Adha 1444 Hijriah dan kemarin ada sebagian saudara saudara kita yang sudah ber Hari Raya dan hal ini saya berharap tidak menjadi polemik di tengah tengah kita umat Islam, oleh karena perbedaan jangan menjadi sumber perpecahan.

Kehadiran kita pada pagi hari ini bersamaan dengan kehadiran lebih dari dua juta jamaah haji yang berasal dari berbagai penjuru dunia dimana 365 orang diantaranya merupakan keluarga kita jamaah haji asal Kabupaten Langkat dan kita doakan sekembalinya ke tanah air nanti menjadi Haji Hajjah yang mabrur
 

Untuk itu pada hari yang agung ini umat Islam yang berkemampuan melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebagai salah satu wujud ketaatan kepada Allah SWT, katanya.

Syah Afansin juga menyampaikan melalui momentum Idul Adha kita bangun rasa empati dan kepedulian, memupuk semangat berbagi, hidup dalam persatuan dan kebhinekaan.

Sementara itu khatib Al Ustadz H Mansyur, S.Ag menyampaikan yang pada intinya puji syukur khadirat Allah SWT sehingga kita diberikan kesehatan dan kesempatan hadir dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha ini

Kita semua merasa senang dengan saudara-saudara kita yang saat ini sedang melaksanakan ibadah haji di Mekkah dan Madinah.

Sedang bagi kita yang belum punya kemampuan atau tidak mengerjakan haji di bulan ini, maka kita diperintahkan Allah dan rasulnya untuk ber qurban sebagai ikhtiar amal untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama manusia.

"Jika kita saat ini dianggap sebagai orang yang sukses maka sebetulnya itu adalah kesuksesan orang tua kita, oleh karena itu bagi kita yang masih hidup orang tuanya jangan sia siakan untuk berbakti kepadanya," katanya.

"Jika kita belum mampu berqurban pada tahun ini, tak usah gusar tapi sembelihlah sifat sombong, iri, dengki dalam diri kita dan semoga kita hidup dalam kesalehan dan dalam lindungan Allah SWT," ujarnya.


 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023