Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah menerima penghargaan sertifikat Eliminasi Malaria tingkat Nasional

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI kepada Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, pada acara puncak peringatan Hari Malaria Sedunia (HMS) di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) Kamis (15/06).

Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, usai menerima penghargaan melalui pesan pers rilisnya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) telah memenuhi persyaratan Eleminasi Malaria.

"Sertifikasi Eliminasi diberikan kepada kita Pemkab Tapteng,  sebagai penghargaan atas upaya dari Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan masyarakat dalam melawan malaria melalui pencegahan, pengobatan dan pemantauan atas program yang dijalankan dengan baik," katanya.
 
Di kesempatan tersebut, Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas, juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan dan Gubernur, Bupati Tapteng sebelumnya Bakhtiar Ahmad Sibarani, serta seluruh masyarakat Tapanul Tengah atas dukungan yang diberikan kepada jajarannya dalam melayani masyarakat.

"Guna mencegah malaria, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah telah melakukan beberapa hal, seperti; Melakukan Mass Blood (periksa darah massal), survey, Monitoring malaria di kecamatan, Penyelidikan epidemilogi bersama petugas survelen dan kesling, Melakukan bimbingan kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat," ungkapnya.

Lanjutnya, sebagai bentuk komitmen Pemerintah Tapanuli Tengah. Dinas Kesehatan menjamin tersedianya tenaga pelatih untuk mampu menjangkau layanan masyarakat dan mempertahankan eliminasi malaria  di Kabupaten Tapanuli Tengah.

"Untuk itu saya mengajak semua pihak mari kita lanjutkan semangat gotong royong untuk melawan malaria," pungkasnya.
 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023