Pemerintah Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara, meminta warga memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam palawija dan sayuran sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga.

Terkait hal tersebut, Dinas Ketahanan Pangan Padang Sidempuan membagikan bibit aneka jenis sayuran dan palawija kepada masyarakat agar dapat ditanam di pekarangan rumah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Padang Sidempuan, Chairun Nisa Daulay di Padang Sidempuan, Jumat, menyampaikan bibit sayuran yang diberikan kepada masyarakat tersebut agar dijaga dan dirawat dengan baik supaya mendapatkan hasil yang baik juga.

Pemanfaatan pekarangan rumah tersebut ke depannya diharapkan dapat mewujudkan pengembangan keluarga sehat dan sejahtera dengan meningkatkan pemberdayaan kaum perempuan.

“Bibit yang dibagikan sekitar 10 polybag kepada masing-masing warga. Bibit tersebut merupakan bibit cabai selada, sawi dan bunga kol. Saya berharap ibu-ibu mau merawat dan memelihara tanaman tersebut agar mendapatkan hasil yang baik pula," katanya.

Sementara Wakil Ketua PKK Padang Sidempunan Linda Arwin Siregar menyampaikan berbagai jenis tanaman bisa ditanam di pekarangan atau halaman rumah seperti cabai atau jenis sayuran lainnya.

"Untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga, kita bisa memanfaatkan halaman maupun tanah pekarangan dengan menanam berbagai sayur-sayuran dan jangan lupa untuk memberikan pupuk sesekali," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023