Ibadah haji merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim yang sanggup untuk menunaikannya. Untuk itu para calon Haji/Hajjah Kota Tebing Tinggi yang berangkat dapat dengan benar-benar menjalankan semua ibadah di tanah suci. 

Oleh karena itu, kepada petugas pembimbing yang telah ditunjuk, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. 

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi,  saat memberikan sambutan dalam acara  tepung tawar calon jamaah haji asal Kota Tebing Tinggi Tahun 2023, Selasa (23/05/2023) di gedung Balai Kartini (Lama) Jl. Tuanku Imam Bonjol.

"Tugas dan tanggungjawab yang diberikan merupakan tugas yang mulia, dimana kita membimbing, mengarahkan jalan kepada jamaah haji," katanya.

Kepada calon jamaah haji, ia meminta untuk menjaga stamina kesehatan, jangan kurang beristirahat, juga meminta doa agar Kota Tebing Tinggi ini tetap aman, tetap kondusif, apalagi akan masuk ke suasana cuaca ekstrem panas.  

"Mohonlah kami didoakan, InsyaAllah Kota Tebing Tinggi terhindar dari segala macam musibah bahaya. Saya atas nama pribadi dan kedinasan mengucapkan selamat jalan, sehat selama menjalankan ibadah dan selamat kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama.," harapnya.
Permohonan maaf serta pamit turut ia sampaikan mengingat hari ini adalah hari terakhir mengemban jabatan sebagai Penjabat Wali Kota Tebing Tinggi. 

"Saya juga mohon maaf atas nama pribadi dan keluarga karena hari ini hari terakhir saya menjabat sebagai Pj. Wali Kota, besok adalah Pj. Wali Kota yang baru. Terimakasih atas dukungan yang diberikan kepada kami. InsyaAllah bapak ibu yang tetap dalam keadaan sehat," tutupnya.

Dalam Laporan Kabag Kesra Aidil, S.E., M.Si. selaku panitia pelaksana menyebutkan, maksud dan tujuan pelaksanaan acara ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT. Dengan rasa syukur tersebut, semoga dalam menunaikan ibadah haji tahun ini diberikan kekuatan lahir dan batin, sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat terlaksana seperti yang diinginkan syari'ah.

"Dengan tema meneguhkan hati, meluruskan niat dan memantapkan semangat untuk memenuhi panggilan Illahi menunaikan ibadah haji," ujar Kabag Kesra.

Ditambahkannya, berdasar laporkan informasi dari Kemenag, jumlah jemaah haji Kota tebing Tinggi ada 2 kloter, kloter pertama berjumlah 93 orang reguler dan 1 petugas. Sementara kloter ke 2 berjumlah 19 orang direncanakan akan berangkat pada bulan Juni 2023.

Masih dalam rangkaian acara, dilakukan pemasangan kacu dan penyerahan secara simbolis bingkisan dari Pemerintah Kota Tebing Tinggi.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023