Terminal Terpadu Amplas Medan, Sumatera Utara(Sumut) sedang menghadapi puncak arus balik dengan penumpang di atas 500 orang/hari dari bus angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP).

"Puncak arus balik terjadi sejak kemarin(Jumat,28/4)  hingga akhir pekan ini, dan rata-rata penumpang di atas 500 orang," ucap Kepala Terminal Terpadu Amplas Medan Edi Manurung di Medan, Sumut, Sabtu.

Pihaknya mengatakan penumpang arus balik dilayani perusahaan otobus (PO) AKAP ini mayoritas berasal tiga provinsi, yakni Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.

Sebab masyarakat Kota Medan dan sekitarnya cukup antusias melakukan perjalanan mudik menggunakan PO AKAP merayakan Lebaran 2023 di kampung halaman.

Data Angkutan Lebaran Terminal Terpadu Amplas Medan 2023 tercatat PO AKAP mulai H+1 hingga H+5 baik kedatangan dan berangkat berjumlah 108 unit dengan jumlah penumpang 2.992 orang.
"Di terminal ini sudah pada berdatangan warga Kota Medan dari luar kota sejak kemarin yang dibawa oleh 28 PO AKAP," ungkap dia.

Meski demikian, lanjut Edi, tetap saja masih terdapat orang yang melakukan perjalanan ke berbagai provinsi di Sumatera usai Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kementerian Perhubungan mencatat Terminal Terpadu Amplas Medan sebanyak 54 PO terdiri atas 30 bus AKAP dan 24 bus AKDP di Kota Medan.

"Kalau yang mudik masih ada juga, cuma jumlahnya tidak begitu banyak lagi. Minim tak lewat 100 orang dari 28 PO AKAP," tutur Edi.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023