Wali Kota Tanjung Balai H.Waris Tholib menjadi inspektur upacara (Irup) apel gelar pasukan Operasi (Ops) Ketupat Toba 2023 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, Senin (17/4).

Apel berlangsung di Lapangan presisi Mapolres Tanjung Balai, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023, yang dihadiri Kapolres Tanjung Balai AKBP Ahmad Yusuf Afandi, Ketua DPRD T Eswin, dan unsur Forkopimda lainnya.

Selaku pimpinan apel, Wali kota Tanjung Balai H. Waris Thalib membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang menyebutkan bahwa Operasi Ketupat 2023 merupakan wujud sinergitas Polri dengan stakeholder terkait untuk mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan hari raya Idul Fitri secara lebih optimal, melalui operasi terpusat dengan sandi ketupat 2023," ujar Wali Kota membacakan amanat Kapolri.

Sesuai catatan, Ops Ketupat 2023 digelar selama 14 hari, mulai 18 April hingga 1 Mei 2023. Operasi ini telah diawali dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) sejak tanggal 10 hingga 16 April, dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 hingga 9 Mei 2023.
Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Kementerian terkait, BNPD, BMKG, BASARNAS, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Untuk memastikan operasi berjalan optimal, se Indonesia Polri membagi 5 wilayah pengendalian utama di Pulau Sumatera - Jawa, dan pengendalian secara kewilayahan di Polda lainnya dengan menjadikan NTMC Polri sebagai posko Operasi Ketupat 2023.

Ops Ketupat 2023 menitik beratkan terhadap permasalahan laka lantas yang mengoptimalkan langkah-langkah preventif dengan menempatkan personel, dan melengkapi rambu pada titik titik rawan kecelakaan.

Kemudian menjaga situasi Kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli pada jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana, terutama bagi rumah kosong yang ditinggal mudik.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023