Penjualan tiket bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Medan - Aceh naik 50 persen menjelang Lebaran 2023.

Penjual tiket Bus Pelangi, Uli, di Medan, Minggu, mengatakan, penjualan tiket jurusan Medan - Aceh mulai meningkat dari hari biasa, apalagi Minggu ini merupakan pekan terakhir menjelang Lebaran. 

"Kalau penjualan naik 50 persen, dan juga harga tiket kelas AC maupun eksekutif sudah naik 20 persen. Kebanyakan yang mau berangkat itu ke Banda Aceh, Langsa dan Lhokseumawe," ucapnya. 

Uli memperkirakan puncak arus mudik ke Aceh dua hari sebelum Lebaran tiba. Pasalnya, jarak tempuh ke kota tujuan hanya satu hari. 

"Kemungkinan puncaknya dua atau tiga hari lagi menjelang Lebaran. Kalau dilihat tahun ini lebih baik daripada sebelumnya," ucapnya. 

Terpisah, Joy, penjual tiket Bus PMTOH mengaku pihaknya juga mengalami kenaikan dalam penjualan tiket. Ia juga mengaku pembelian tiket tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.
"Tingkat penjualan tiket cukup bagus menjelang Lebaran ini. Mungkin puncaknya H-3 Lebaran," ujarnya. 

Ia mengatakan kebanyakan pemudik yang hendak berangkat dari Medan ke Banda Aceh, Sigli, Pondok Baru Bener Meriah, Lhokseumawe dan Takengon. 

"Sementara untuk menuju ke Jawa sudah tidak ada lagi penjualan karena sudah ditutup sesuai peraturan pemerintah. Jika seminggu menjelang Lebaran tidak bisa lagi berangkat," ucapnya. 

Salah satu penumpang, Indah, mengatakan, dirinya mempercepat mudik ditakutkan sudah tidak mendapatkan tiket kalau berdekatan dengan hari H. 

"Selain itu, saya juga libur kuliah. Jadi saya pulang lebih cepat ke Banda Aceh," ucapnya.  

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023