Tim Magsite dari Universitas Diponegoro (Undip) berhasil Juara Pertama pada Olimpiade Agincourt Resources (OlympiAR) 2022 dan membawa pulang hadiah Rp50 juta.

PT AR, pengelola Tambang Emas Martabe sampaikan itu secara tertulis, Minggu (2/4). OlympiAR, kompetisi bagi mahasiswa jurusan tambang, geologi, dan teknik tingkat nasional.

Di samping membawa pulang hadiah Rp50 juta, sang juara pertama Tim Magsite Undip juga dapat kesempatan magang selama 3 bulan di Tambang Martabe.

Juara kedua tim Sylvite dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhak atas hadiah uang tunai  Rp30 juta. Tim Enargite dari UPN Veteran Yogyakarta juara ketiga mendapat uang tunai Rp20 juta.

Lalu posisi keempat tim Niccolite dari ITB, 
sedangkan posisi kelima tim Vermicullite dari Universitas Jenderal Soedirman, masing-masing tim mendapat uang tunai senilai Rp5 juta. 

Penganugerahan pemenang OlympiAR 2022 mengusung tema "Mineral Discovery, Unearthing Sustainable Future” ini digelar di Yogyakarta pada 1 April 2023 sekaligus babak final.

"PT AR dalam kegiatan ini berkolaborasi dengan Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia (MGEI)," kata Wakil Presiden Direktur PT AR, Ruli Tanio.

Ia mengucapkan selamat kepada seluruh 
pemenang OlympiAR 2022 yang telah gigih berjuang sejak babak pertama dimulai pada Januari 2023 
hingga babak final pada akhir Maret 2023. 

Di katakan, sebanyak 72 tim dari berbagai universitas di Indonesia (dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, hingga Tanah Papua yang turut berpartisipasi dalam OlympiAR 2022 yang akan digelar setiap dua tahun tersebut.

"Hal ini sejalan dengan komitmen PTAR dalam mengimplementasikan praktik pertambangan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan bertanggungjawab secara sosial," kata Ruli.

Harapan PT AR, OympiAR bisa membantu mahasiswa siap terjun ke dunia kerja. 
“Kami terus berupaya memperkuat dan mendorong kemajuan pendidikan di Indonesia karena kami yakin,pendidikan adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, memperkuat kualitas sumber daya manusia, dan menurunkan angka kemiskinan,” ujar Ruli. 

PT.AR berikan kontribusi

Di tingkat pendidikan dasar dan menengah PTAR juga menggelar Olimpiade Sains Tingkat Guru dan Siswa jenjang SMP/sederajat dan SMA/sederajat se-Kabupaten Tapanuli Selatan, yang diikuti 563 orang. 

"Selain itu, PTAR berkontribusi mendukung sarana dan prasarana belajar di SMKN 2 Batang Toru yang merupakan sekolah vokasi dengan fokus pendidikan pertambangan pertama di Sumatra Utara," tambahnya.

PTAR juga memiliki Program Beasiswa Martabe Prestasi, yaitu program pemberian bantuan pendidikan dan beasiswa kepada siswa berprestasi jenjang SD sampai universitas dari keluarga kurang mampu di wilayah Kecamatan Batang Toru dan Muara Batangtoru, Tapsel.

"Sejak 2017 hingga 2022 PTAR 
telah menggelontorkan dana Rp5,54 miliar bagi 1.255 penerima manfaat," tegasnya.

Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono, menjelaskan sejak OlympiAR 2022 disosialisasikan pada November 2022 dan diresmikan pada 17 
Desember 2022, sebanyak 223 mahasiswa dari 26 universitas di Indonesia mengikuti kompetisi ini.

Di antaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Bangka Belitung, Universitas Teknologi Sumatera, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Mataram, dan Universitas Hasanuddin. 

“Ini membuktikan, semangat dan antusiasme mahasiswa mengikuti OlympiAR 2022 sungguh besar. Gagasan yang mereka hasilkan, yang sejalan dengan topik keberlanjutan di pertambangan, dan telah diuji oleh para akademisi dan praktisi, juga luar biasa,” ujar Katarina.

Katarina menambahkan OlympiAR merupakan bagian dari Program E-Coaching Jam (ECJ), yaitu forum diskusi dan berbagi pengetahuan praktis antara para ahli dan praktisi dengan mahasiswa secara online dan offline. 

"Sejak gelaran perdana dimulai pada 2014, hingga saat ini ECJ telah menjembatani diskusi lebih dari 45 ahli pertambangan serta lebih dari 3.500 mahasiswa di Indonesia," katanya.

“Melalui ECJ, kami berupaya menstimulus perkembangan ilmu dan wawasan tentang dunia tambang serta memfasilitasi peningkatan mutu akademis para mahasiswa, melalui pertukaran gagasan, penelitian terbaru, dan kasus terkini, agar mahasiswa lebih percaya diri dan siap memasuki industri pertambangan,” 
jelasnya. 

Bersamaan dengan Penganugerahan Pemenang OlympiAR, PTAR menggelar ECJ dengan mengusung tema “Rock Your Way to Becoming A Professional Miner” serta menghadirkan Expert Coach Janjan Hertrijana yang merupakan Principal Geologist PTAR, dimoderatori oleh Dosen Departemen Teknik Geologi UGM Arifudin Idrus.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023