Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut kegiatan pencocokan dan penelitian (coklit) warga Medan, Sumatera Utara (Sumut), sudah mencapai di atas 90 persen dalam pemutakhiran data pemilih untuk Pemilu 2024.

"Tadi disampaikan kepada saya bahwa coklit di Kota Medan berjalan lancar. Alhamdulillah sudah di atas 90 persen warga Medan yang dicoklit," ucap Bobby di Medan, Sumut, Selasa.

Dirinya mendoakan agar tahapan coklit yang sesuai dengan alamat tertera di e-KTP di Kota Medan bisa berjalan baik, sehingga tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar.

Wali kota yang didampingi istri Kahiyang Ayu mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan atas coklit ini melalui petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) .

"Mudah-mudahan tahapan ini bisa berjalan dengan baik, sehingga Pemilu 2024 memberikan hasil yang baik," ungkapnya.

Baca juga: Wali Kota Medan ingatkan ramah investasi lewat birokrasi sederhana

Menurut Bobby, sebelumnya banyak warga berdomisili di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu, namun tidak memiliki e-KTP Kota Medan.

Tetapi sejak program kesehatan diinisiasi oleh Pemkot Medan bahwa berobat cukup dengan menunjukkan KTP akhir tahun lalu, kini banyak warga yang ingin dibuatkan e-KTP Kota Medan.

"Tentu secara dinamis, ini mempengaruhi pendataan. Kami komitmen bersama KPU dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, kecamatan dan kelurahan mendukung mana data yang perlu divalidasi, kami validasi," ungkap Bobby.

Ia berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Medan agar menerima petugas pantarlih yang melaksanakan coklit di rumah masing-masing hingga 14 Maret 2023.

"Sebab, mereka memberikan kepastian memiliki hak pilih pada saat Pemilu 2024. Jadi mohon bantuannya untuk membantu petugas pantarlih melakukan pendataan," tutur Wali Kota Medan.

Komisioner Komisi KPU RI, Parsadaan Harahap mengatakan dari hasil supervisi dan pemantauan di Kota Medan bahwa kegiatan coklit kini sudah berjalan hampir 97 persen.

"Kami berharap kepada masyarakat agar menyambut petugas pantarlih yang datang ke rumah melakukan pendataan," ujar Parsadaan usai mencoklit Wali Kota Medan Bobby Nasution beserta istri Kahiyang Ayu.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023