Guna menekan terjadinya inflasi di Kabupaten Tapanuli Tengah. Pj Bupati Tapanuli Tengah Elfin Elyas,  menugaskan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Zafril Abdi Nasution, melakukan inspeksi mendadak di sejumlah Pasar yang berada di Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (10/02).

"Sidak pasar dilakukan bagian dari upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)  Tapanuli Tengah, sebagaimana arahan Presiden Republik Indonesia, Mendagri, dan Menteri.Guna mengendalikan terjadi inflasi nasional," kata Pj Bupati Tapteng

Lanjutnya, dengan adanya operasi pasar  hari ini, merupakan langkah awal upaya menekan terjadinya inflasi.

"Kita juga melakukan pemantauan harga dan stok guna memastikan ketersediaan bahan pokok, dari hasil pemantauan setiap minggunya ditindaklanjuti dengan koordinasi teknis pengendalian Inflasi termasuk dengan Pemerintah pusat setiap minggu sejak bulan Agustus 2022 sampai sekarang," ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Kadis Perindag Kabupaten Tapanuli Tengah Zafril Abdi Nasution juga menyampaikan,  hasil sidak dan koordinasi pengendalian inflasi , bahwa beberapa komunitas bahan pokok khususnya beras tidak ada dan kenaikan harga yang signifikan.

"Kita juga dengan Pemerintah pusat telah melakukan koordinasi, upaya ini untuk menjaga pasokan bahan pokok dan harga-harga tidak naik secara signifikan," ujarnya.

Menurutnya, di tahun 2023 sesuai dengan instruksi Pemerintah Pusat, setiap Kota dan  Kabupaten melakukan gerakan guna meneken terjadinya inflasi. Adapun gerakan tersebut yaitu, menanam cabai, melaksanakan operasi pasar murah,  melaksanakan sidak pasar dan sidak ke distributor, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditas, serta upaya untuk merealisasikan BTT, memberikan bantuan transportasi kepada anak sekolah.

"Sesuai arahan Bapak Pj Bupati, hari ini kami melakukan sidak ke pasar-pasar  termasuk ke distributor yang berada di Kecamatan Pandan,  untuk dapat mengetahui secara langsung harga komoditas bahan pokok, seperti beras, minyak goreng, cabai, dan lainnya sehingga menjadi bahan yang penting dalam upaya pengendalian Inflasi di Kabupaten Tapanuli Tengah," ucapnya.

Lanjutnya, dari hasilnya sidak pasar yang dilakukan hari ini, tidak ada kenaikan yang signifikan. Namun akan dilakukan upaya  mengantisipasi kenaikan inflasi.

"Ini la upayah kita di Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah untuk meneken terjadinya infalasi. Sehingga harga sembako tetap stabil," katanya.





 

Pewarta: Tamy

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023