Personel Satuan Polisi Airud Polres Sibolga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kapal di perairan Pulau Poncan, Kelurahan Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Pemeriksaan tersebut guna mengetahui kelengkapan dan kelaikan jalan kapal di perairan setempat bagi kapal yang bertonase besar maupun kecil.

"Tidak hanya surat-surat kapalnya saja, tetapi kelengkapan lainnya juga menjadi atensi personil Sat Pol Airud," kata Kasat Pol Airud Polres Sibolga Iptu Kasdi dalam keterangan di Medan, Rabu (1/2).

Ia menyebutkan pemeriksaan juga dilakukan seperti baju pelampung, ban pelampung, alat komunikasi, senter, kapal karet, serta identitas awak kapal.

"Kita juga mengimbau kepada pemilik kapal dan nakhoda serta nelayan, jika cuaca sedang mengalami gangguan atau buruk, jangan coba-coba dipaksakan untuk melaut," ucapnya.

Kasdi mengatakan hal ini bisa menimbulkan korban jiwa serta kerugian yang besar mengingat risiko besar sekali jika harus dipaksakan berlayar.

"Apabila terjadi kecelakaan di laut atau kendala lain yang dialami oleh nelayan, Sat Pol Airud Polres Sibolga siap membantu kesulitan para nelayan di laut," kata dia.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023