Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) merencanakan bakal mengumumkan penghargaan Adipura 2022 di Februari tahun ini.

"Penilaian Adipura 2022 direncanakan pada 21 Februari 2023 bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional," ujar Kadis Kominfo Kota Medan, Arrahman Pane di Medan, Rabu. 

Menurutnya Kementerian LHK terus menilai kabupaten/kota di Indonesia sebagai peraih Adipura 2022 meliputi Adipura Kencana, Adipura, Sertifikat Adipura dan Plakat Adipura. 

Diketahui, Adipura merupakan penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

"Menurut Kementerian LHK, jadwal ini masih terus dikoordinasikan. Yang jelas pengumuman Adipura 2022 belum ada," tegasnya yang juga menanggapi pemberitaan Medan kota terkotor 2022.

Pihaknya menyebutkan bahwa pemberitaan Kementerian LHK menyatakan Medan kota terkotor 2022 merupakan hoaks alias bohong. 

Kasubdit Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian LHK Ari Sugasri yang memberikan klarifikasi kepada Pemkot Medan. 

Bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak pernah mengeluarkan pernyataan Medan kota terkotor. 

"Kementerian LHK menegaskan pengumuman penilaian Adipura 2022 belum dilaksanakan. Sampai detik ini mereka tidak pernah mengeluarkan pernyataan mana kota terbersih, dan mana kota terkotor," terang Arrahman. 

Bahkan, menurut Ari Sugasri, Kementerian LHK sama sekali tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang kota terkotor, tegasnya lagi. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Suryadi Panjaitan menambahkan pemberitaan tersebut menyesatkan dan mengada-ngada.

"Kementerian LHK tidak pernah mengatakan Medan kota terkotor. Coba lihat Medan sekarang luar biasa bersihnya, dan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan meningkat," katanya. 
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023