"Alhamdulillah, jalan ke desa kami sudah mulus. Kendaraan sudah cukup lancar. Terimakasih Pak Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu," ucap polos M Subuki Siregar (50-an).

Subuki, salah satu dari mayoritas warga Desa Saragodung, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Sumatera Utara, yang berucap syukur atas keseriusan pemerintah membangun akses jalan desa mereka.

"Sudah lama kali pun sebenarnya kami menginginkan jalan desa kami ini mulus di bangun seperti ini, namun baru Tahun 2022 ini lah terwujud. Terimakasih Pak Bupati," timpal Toiban Siregar (64) warga lainnya.

Kepada ANTARA, Selasa (3/1), Plt.Kepala Dinas PUPR Tapsel Fachri Ananda Harahap, mengatakan ruas jalan menghubungkan Desa Baringin - Desa Hasang Marsada melintasi Desa Sarogodung, Sipirok itu sudah mulus beraspal hotmix.

"Panjang ruas jalan yang dibangun 2.818 meter lebar 3,50 meter melalui sumber Dananya APBD TA 2022 dengan jenis pekerjaan pengerasan hotmix," jelasnya secara teknis.

Di katakan ruas jalan kabupaten itu perpaduan dengan ruas jalan nasional (Pal XI – Tarutung) dengan ruas jalan propinsi (Sipirok - Tandosan). 

"Tujuannya sekaligus mendukung kelancaran akses transportasi ke pusat pelayanan pendidikan Pesantren KH.Ahmad Dahlan dan SDN 101214 Sabatolang, Satogodung," katanya.

Selain itu memenuhi janji Bupati Tapsel dalam rangka mendukung fasilitas pendukung wisata Olahraga Para Layang,  mendorong kemajuan program pertanian terpadu Sarogodung.

Menurut Fachri akses jalan Baringin - Hasang Marsada melintasi Sarogodung ini tambahnya untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat juga memperlancar arus bolak balik transportasi moda darat.

"Bagi yang datang atau berurusan ke Kantoran Bupati Tapsel dari ibukota kecamatan seperti Arse, SD.Hole, dan Aek Bilah pun sebaliknya bisa lancar lewat Simpang Baringin tembus Hasang Marsada (6,3 km) tanpa melewati Pasar Sipirok (tambah 2 km atau 8,3 km) yang Senin - Kamis kerap macet karena hari pekan," katanya.

Tidak cukup sampai di situ bahkan Pemkab Tapsel di bawah Kepemimpinan Dolly P.Pasaribu, kata dia, pada TA 2023 akan menuntaskan sekitar 800 meter lagi ruas jalan kabupaten di daerah yang alamnya dikenal cukup asri dengan panorama hutan serta perbukitan yang luar biasa itu dengan aspal hotmix.

"Artinya ada sekitar 800 meter di Dusun Saba Tolang yang butuh di hotmix. Dalam Tahun 2023 ini, Insya Allah mulai dari Kelurahan Parausorat lintas Panggulangan - Sarogodung keluar Simaninggir atau Hasang Marsada maupun Baringin tuntas hotmix," katanya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023