Pemkab Samosir, Sumatera Utara, meresmikan Galeri UMKM sebagai pusat oleh-oleh yang diinisiasi oleh Gereja HKBP Distrik VII Samosir dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat nantinya.

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom di Pangururan, Minggu, mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas peluncuran galeri UMKM HKBP Distrik VII Kabupaten Samosir karena dinilai akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Vandiko Timotius Gultom mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut di mana gereja dapat melakukan Inovasi dan langsung menyentuh perekonomian jemaat.

"Kegiatan itu sangat membantu pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat terkhusus di Kabupaten Samosir," katanya.

Baca juga: 840 petak keramba di Samosir akan ditutup pada 2023

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir mendukung adanya kegiatan UMKM yang ada di Kabupaten Samosir.

UMKM, lanjutnya, harus dapat bertransformasi serta memanfaatkan teknologi dalam pemasaran.

Pemkab juga tetap berkomitmen dalam memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para pelaku UMKM. Pemerintah Kabupaten Samosir akan bekerjasama dengan pihak bank dalam hal pemberian pinjaman modal untuk pengembangan UMKM.

"Pemerintah Kabupaten Samosir juga tetap bersinergi dengan Provinsi Sumatera Utara dalam hal pemberian bantuan kepada para pelaku UMKM. Semoga UMKM di Kabupaten Samosir semakin berkembang," katanya.

Praeses HKBP Distrik VII Pdt. Rein Justin Gultom,STh.,MA menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Kopnakerindag yang telah melatih para Jemaat HKBP untuk mampu mengemas sumber daya lokal menjadi suatu produk yang dapat bernilai jual.

"Kepada Jemaat HKBP, Pemerintah Kabupaten Samosir dan seluruh stakeholder mari bersama mewujudkan Visi dan Misi kita mensejahterakan ekonomi masyarakat, menjadi berkat bagi Kabupaten Samosir," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022