Maju sebagai kandidat Ketua PWI Tanjung Balai periode 2022-2025, Ridwan Marpaung secara resmi menyerahkan dokumen pencalonan dirinya kepada Tim Penjaringan bakal calon ketua, Jum'at (9/12).

Dokumen berisi persyaratan sebagai bakal calon (Balon) ketua itu diterima Ketua panitia Konferensi VI Tahun 2022, Regen Silaban didampingi Sekretaris panitia Nazmi Hidayat Sinaga di Sekretariat PWI Jalan Husni Thamrin, Kota Tanjung Balai.

Usai menyerahkan pencalonan dirinya, Ridwan wartawan Harian Analisa itu menyatakan siap bersaing dengan calon lain, yakni Plt Ketua PWI Tanjung Balai sisa masa jabatan 2019-2022, Saufi Simangunsong yang merupakan petahana.

Ridwan mengaku, sebelum memutuskan maju dalam bursa Ketua PWI, ia telah melakukan evaluasi dan introspeksi diri serta berdiskusi dengan berbagai kalangan, termasuk meminta restu para senior wartawan anggota biasa PWI di Tanjung Balai.

"Setelah bertemu para senioren dan atas saran serta masukan yang diterima. Saya memutuskan untuk maju sebagai balon ketua. Jika saya diberikan amanah memimpin PWI Tanjung Balai tiga tahun kedepan, visi saya akan mewujudkan PWI Tanjung Balai sebagai rumah besar bagi seluruh anggota untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan sosial," kata Ridwan.

Ia melanjutkan, untuk misi ada enam yakni, Menciptakan wartawan yang berintegritas, mandiri, bermartabat dan berkompeten. Lalu, Meningkatkan kualitas pembangunan karakter SDM yang merata dan berkeadilan.

Selanjutnya, Mampu berdaya saing secara global. Mendorong wartawan agar menjadi role model bagi masyarakat. Memberikan perlindungan bagi seluruh anggota yang melakukan tugas peliputan sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, KEJ serta peraturan organisasi.

Bersinergi dengan Pemerintah Kota, seluruh stakeholder dan semua pihak demi kemajuan daerah. Menciptakan lumbung dana taktis bagi kesejahteraan seluruh anggota melalui jejaring organisasi dan kepengurusan.

"Visi-Misi tersebut akan saya jalankan dengan semangat untuk membesarkan organisasi, meningkatkan profesionalitas, tetap independen dan menjamin kesejahteraan anggota. Untuk mewujudkannya, saya berharap dukungan seluruh anggota PWI Tanjung Balai, baik yang memiliki hak suara maupun yang belum," kata Ridwan Marpaung.

Ketua panitia Konferensi VI, Regen Silaban menjelaskan, sejak penjaringan balon ketua dibuka hingga ditutup, ada 4 anggota biasa PWI Tanjung Balai yang mengambil formulir.

Namun, hingga penjaringan ditutup hari ini tepat pukul 16.00 WIB atau jam empat sore, hanya ada dua balon ketua yang mengembalikan dokumen pendaftaran yakni, Saufi Simangunsong dan Ridwan Marpaung.

"Berkas kedua balon ketua tersebut dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan. Pengesahan Saufi dan Ridwan sebagai calon ketua akan ditetapkan dalam sidang pleno Konferensi VI yang akan digelar Senin pekan depan," kata Regen Silaban.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022