Ridwan Marpaung menyatakan diri siap menakhodai "kapal" besar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tanjung Balai periode 2022-2025 dengan visi-misi mewujudkan PWI Tanjung Balai sebagai rumah besar bagi seluruh anggotanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan sosial.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ridwan Marpaung saat mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon ketua dalam perhelatan Konferensi VI PWI Kota Tanjung Balai yang akan digelar Senin, 12 Desember 2022.

"Dengan visi mewujudkan PWI Tanjung Balai sebagai rumah besar bagi seluruh anggotanya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan sosial, saya siap memimpin PWI Tanjung Balai tiga tahun ke depan," kata Ridwan, Rabu (8/12) malam, di Tanjung Balai.

Di hadapan Plt Ketua PWI Saufi Simangunsong dan sejumlah Anggota Biasa dan Muda PWI, Ridwan yang wartawan Harian Analisa itu juga menjabarkan 6 misinya jika diberikan amanah memimpin organisasi wartawan tetua tersebut.

Keenam misi tersebut yakni, Menciptakan wartawan yang berintegritas, mandiri, bermartabat dan berkompeten. Lalu, Meningkatkan kualitas pembangunan karakter SDM yang merata dan berkeadilan.

Selanjutnya, Mampu berdaya saing secara global. Mendorong wartawan agar menjadi role model bagi masyarakat. Memberikan perlindungan bagi seluruh anggota yang melakukan tugas peliputan sesuai UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, KEJ serta peraturan organisasi.

Kemudian, Bersinergi dengan Pemerintah Kota Tanjung Balai dan seluruh stakeholder dan semua pihak demi kemajuan daerah. Menciptakan lumbung dana taktis bagi kesejahteraan seluruh anggota melalui jejaring organisasi dan kepengurusan.

"Visi-Misi tersebut akan saya jalankan dengan semangat untuk membesarkan organisasi dan meningkatkan profesionalitas dengan tetap independen, serta menjamin kesejahteraan anggota PWI. Saya berharap dukungan seluruh anggota PWI Tanjung Balai baik yang memiliki hak suara maupun yang belum," kata Ridwan Marpaung.

Ridwan pemegang Kartu Anggota PWI Nomor 02.00.19614.20B dan tercatat sebagai Wartawan Kompeten jenjang Muda juga mengaku siap menang dan siap kalah. 

"Jika terpilih siap mengemban amanah untuk menjalankan Visi-Misi saya. Sebaliknya, jika tidak terpilih akan mendukung siapapun yang dipercaya memimpin PWI Tanjung Bali tiga tahun ke depan," kata Ridwan Marpaung.

Terpisah, Ketua Panitia Konferensi VI Tahun 2022, Regen Silaban didampingi Sekretaris Panitia Nazmi Hidayat Sinaga menjelaskan pihaknya akan membuka penjaringan bakal calon (balon) Ketua PWI Tanjung Balai periode 2022-2025.

"Kami (Panitia) akan membuka penjaringan selama dua hari yakni 8-9  Desember 2022 bertempat di Sekrtariat PWI Tanjung Balau, Jalan Husni Thamrin. Bagi anggota PWI yang merasa memenuhi syarat dan berkeinginan maju sebagai balon ketua, silakan mendaftar," kata Regen Silaban.

Sementara, Nazmi Hidayat Sinaga akrab disapa Bung Naz menyatakan bahwa panitia baik OC dan SC telah bekerja maksimal dan siap mengantarkan jalannya Konferensi VI yang akan digelar 12 Desember 2022 di pendopo rumah dinas Wali Kota Tanjung Balai.

"Persiapan panitia bisa dikatakan sudah 85 persen. Usai penjaringan balon ketua, OC dan SC akan fokus terhadap teknis pelaksanaan Konferensi yang mengangkat tema "Kompeten, Profesional dan Solid," ungkap Bung Naz, Anggota Muda PWI dan wartawan kompeten Jenjang Muda itu.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022