Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat angka kesembuhan harian pasien COVID-19 di daerah tersebut bertambah 40 orang pada Senin sehingga total mencapai 156.484 kasus.
 
"Sebanyak 40 orang pasien COVID-19 dinyatakan sembuh per hari ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Senin malam.
 
Sementara itu, untuk jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 saat ini mencapai 160.128 kasus setelah 20 orang dinyatakan terpapar virus Corona dari hasil pengujian 1.401 spesimen per hari ini.
 
Kemudian, untuk kasus kematian akibat COVID-19 di Sumut nihil penambahan sehingga totalnya masih bertahan pada angka 3.306 orang.
 
Berdasarkan data tersebut, maka total kasus aktif atau pasien yang tengah menjalani perawatan dan isolasi akibat COVID-19 saat ini berjumlah 338 orang.
 
Masyarakat diimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seiring dengan ditemukannya virus COVID-19 varian XBB di Indonesia.
 
Protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Dengan protokol kesehatan diharapkan dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19.
 
Ia juga mengajak warga untuk menjalani vaksinasi dosis ketiga atau dosis penguat guna meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan virus corona tipe SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022