Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota Medan Afif Abdillah meminta Pemerintah Kota Medan menjaga akar budaya maupun adat Melayu Deli di Kota Medan, Sumatera Utara, agar jangan sampai "terkubur".

"Memang saat ini Kota Medan dihuni berbagai etnis. Tetapi jangan lupa, suku Melayu Deli itu adalah akar pertama di kota ini," terang Afif di Medan, Kamis (6/10).

Pihaknya melihat pelestarian budaya maupun adat Melayu Deli yang mulai terkikis, sehingga diharapkan Pemerintah Kota Medan mempertahankan ciri khas Melayu Deli di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

Afif mengatakan guna menunjukkan jati diri Kota Medan sebagai daerah Melayu, alangkah bagusnya tugu gapura yang akan dibangun di pintu masuk wilayah Medan dihiasi ornamen Melayu.

"Sehingga secara tak langsung bagi para pendatang yang masuk Kota Medan mengetahui posisi mereka sedang di tanah Melayu. Itu akan menjadi ikon Kota Medan," tuturnya yang menjabat Ketua Komisi III DPRD Kota Medan.

Untuk melestarikan budaya maupun adat Melayu, legislator ini meminta Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk menyemarakkan ornamen Melayu di berbagai titik Kota Medan. 

"Seperti bangunan kantor pemerintah, dan berbagai gapura batas kecamatan atau kelurahan dihiasi ornamen Melayu," tutur Afif yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022