Sayembara logo, maskot, tagline, dan lagu tema Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumatera Utara 2024 resmi dimulai, Jumat (9/9). Sayembara tersebut memperebutkan total hadiah Rp120 juta.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara, Tuahta Ramajaya Saragih AP MSi pada Press Conference di Kantor Dispora Sumut, Jalan Pancing, Jumat (9/9).

"Dengan mengucapkan syukur, sayembara logo, maskot, dan tagline PON XXI Aceh- Sumut resmi dimulai," ujar Tuahta didampingi Plt Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Sekretaris Dispora Sumut Hj Dahliana dan Kabid Layanan Kepemudaan Budi Syahputra.

Dijelaskan, sayembara ini terbuka bagi umum dan seluruh Indonesia. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Aceh mengajak semua masyarakat Indonesia ikut berkreasi dalam sayembara ini.

"Untuk logo, tagline, dan lagu berlaku untuk Sumut dan Aceh. Untuk itu, ketiganya harus bisa menggambarkan Aceh dan Sumatera Utara. Sedangkan untuk spesial maskot, Aceh dan Sumut akan memilih sendiri-sendiri, karena ada dua budaya berbeda," ungkapnya.

Tuahta menambakan, untuk logo harus menggambarkan Aceh dan Sumut. Aceh identik dengan warna merah, putih, dan Hitam. Sedangkan Sumatera Utara identik dengan kuning dan hijau. "Jadi warnanya harus bisa menggambarkan semuanya," jelasnya.

Sayembara logo, maskot, dan tagline akan berlangsung hingga 3 Oktober mendatang. Tiga karya yang terpilih akan dipresentasikan secara online dan offline pada 8-11 Oktober 2022. Pemenang akan diumumkan pada 12 Oktober 2022.

Untuk lagu tema atau thema song PON XXI Aceh-Sumur 2022 akan dimulai setelah pengumuman tagline. Sebab isu lagu akan berkaitan dengan tagline tersebut. Sayembara lagu akan dimulai 14 Oktober hingga 10 November 2022. Presentasi online dan offline akan dilakukan pada 11-13 November dan pengumuman pemenang pada 14 November 2022.

"Penilaian dilakukan secara independen dan dilakukan juri berkualitas. Logo, maskot, tagline, dan lagu tema yang menjadi pemenang akan kita promosikan ke seluruh Indonesia," tegasnya.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai. Pemenang logo dan maskot masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp30 juta. Pemenang tagline mendapatkan Rp10 juta. Sedangkan pemenang lagu tema mendapatkan Rp50 juta.

"Desain logo harus orisinil dan belum pernah dipublikasikan. Kemudian logo, maskot, dan tagline harus mengandung nilai filosopi, serta visi dan misi Provinsi Aceh dan Sumut. Peserta bisa perorangan atau tim dan wajib mengisi formulir untuk mendapatkan nomor sayembara," paparnya.

Desain logo, maskot, dan tagline bisa dikirim melalui email ke sayembara.ponxxiacehsumut2024@gmail.com. Untuk informasi lebih jelas bisa mengubungi 0813 6161 4032 (Rambe) atau 0821 6138 8325 (Heru) pada saa jam kerja. (dek)

Teks
BERSAMA: Kadispora Sumut Tuahta Ramajaya Saragih AP MSi (2 kanan) bersama Plt Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, Hi Dahliana, dan Budi Syahputra usai memberi keterangan. (IST)

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022