Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut, Muhammad Nurdin Tanjung mengungkapkan, pihaknya turut serta dalam gelar razia serentak yang dilaksanakan di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham dengan mengedepankan sisi humanisme.

"Sisi humanisme yang mengedepankan kesopanan saat melakukan penggeledahan dan prinsip humanisme lainnya diterapkan dalam gelar razia serentak, semalam," terang M Nurdin, Sabtu, (27/8).

Dikatakan, razia yang dilaksanakan serentak pada pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB tersebut dilakukan demi langkah antisipasi gangguan Kamtib dilaksanakan Tim Satops Patnal dan Regu Pengamanan Rutan Kelas IIB Tarutung.

"Sebelum pelaksanaan razia, saya tekankan agar setiap petugas yang terlibat bersikap sopan dalam melakukan penggeledahan badan warga binaan, serta lebih teliti dalam menggeledah kamar hunian," jelasnya. 

Petugas menyisir seluruh blok tahanan, mulai dari blok Ferdinand Lumbantobing, blok Sisingamangaraja, hingga blok Kartini.

"Barang hasil razia yang ditemukan petugas telah diinventarisir dan diamankan di lemari penyimpanan barang bukti, dan selanjutnya akan dilakukan pemusnahan," sebutnya.

Melalui gelar razia, setiap pegawai Rutan diminta untuk selalu waspada dan rutin melakukan deteksi dini dalam mencegah masuknya handphone, narkoba, dan barang-barang terlarang lainnya yang berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Rutan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022