Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P. Pasaribu membagikan sedikitnya 3.000 bibit manggis kepada masyarakat.

Untuk tahap pertama, ribuan bibit manggis varietas Kali Gesing itu dibagikan di Kecamatan Sipirok dan Kecamatan Marancar.

Sipirok meliputi masyarakat Desa Sarogodung, Kelurahan Parausorat, dan Desa Paran Padang. Dan, Marancar di Desa Aek Sabaon.

"Bibit manggis ini kita terima dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara," kata Bupati pada Minggu (21/8).

Giat ini merupakan program desa buah. Selain pemanfaatan pekarangan juga ke depan akan dapat menjadi nilai tambah petani disamping menjaga lingkungan hijau.  

Sementara Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua Siregar didampingi Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Tapsel Sarietta Pasaribu mengatakan potensi bibit manggis itu cukup menjanjikan secara ekonomi.

"Kita berterima kasih atas bantuan bibit buah manggis yang diserahkan langsung Plt Kadis TPH Provinsi Sumut Yuslantini tersebut, semoga bermanfaat dan berhasil  meningkatkan pendapatan masyarakat," ucap Bismark.

Karenanya, Pemkab Tapsel berharap masyarakat penerima bantuan dapat merawat bibit manggis itu dengan baik dengan memanfaatkan pekarangan/lahan kosong petani. 

"Program desa buah merupakan program yang mendukung food estate atau ketahanan pangan untuk peningkatan kesejahteraan petani dan swasembada pangan khususnya di Tapsel, " kata Bismark dan Sarietta.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022