Petani muda Tapanuli Bagaian Selatan (Tabagsel) memperingati Hari Krida Pertanian Tahun 2022 dengan menanam berbagai jenis tanaman di Desa Sialaman, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Dalam keterangan yang diterima, Minggu 26/6), Dyko Setyo petani muda Tabagsel, mengatakan kegiatan pihaknya kerap melaksanakan kegiatan setiap tahun saat Hari Krida Pertanian yang jatuh pada 21 Juni.

Untuk peringatan kali ini lahan yang ditanami di Sialaman Jae, bersama Ketua HKTI Tapsel Hamdan Nasution dan petani berupa bibit alpukat, kopi, petai, dan jeruk yang jumlahnya seratusan batang.

"Khusus bibit pokat, petai dan jeruk di tanam dengan tujuan untuk menjadi tanaman pelindung bagi kopi yang sudah di tanam. Bibit kopi menyisip tanaman kopi yang sudah di tanam namun tidak dapat survive," tambahnya.

Senada yang disampaikan Irma Safitri, petani muda Tabagsel lainnya. Dia dan kawan-kawan petani muda Tabagsel bertekad akan terus membudayakan aksi menanam tanaman di atas lahan produktif  dan bernilai ekonomis.

"Selain bertujuan melestarikan lingkungan sekaligus membawa manfaat perekonomian bagi masyarakat setempat," jelasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022