Tabung gas LPG 3 kg yang bocor menjadi  penyebab terjadinya kebakaran satu unit rumah yang dihuni Adi Panggabean (29) bersama istri dan anak-anaknya, di Dusun Bonani Onan, Desa Parsaoran Janjiangkola, Kecamatan Purba Tua, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (29/4).

Sebuah aksi heroik demi memadamkan sumber api secara spontan ditempuh sang ayah, yakni Adi, untuk menyelamatkan anak dan istrinya dari peristiwa kebakaran tersebut.

"Nyala api tetiba keluar dari kepala gas dan membakar dinding rumah, saat istri Adi, Lina Sitompul memasak di dapur," terang Kasi Humas Polres Taput, Aiptu Walpon Baringbing mengutip keterangan para saksi, Sabtu (30/4).

Setelah Adi mengetahui hal itu, lanjut Walpon, si ayah langsung menyuruh istrinya dan anak-anaknya untuk segera keluar dari rumah.

Di tengah kobaran api yang mulai membakar dinding rumah, Adi mengangkat gas yang terus-menerus menyemburkan api, dan melemparkannya ke bak di kamar mandi agar tidak sampai meledak.

"Namun, dalam upayanya untuk memadamkan sumber api, jilatan lidah api telah menyebar membakar dinding rumah," jelas Walpon.

Tak kuasa menahankan panas api, Adi pun keluar rumah dan meminta tolong kepada tetangga sekitar untuk turut memadamkan api bermodal siraman air. 

"Sayangnya, kobaran api kian membesar hingga setelah sekitar 40 menit kebakaran, mobil Damkar Pemkab Taput pun tiba dan berhasil melakukan pemadaman, meski rumah korban sudah ludes terbakar," imbuhnya.

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, Adi si ayah heroik mengalami luka bakar di sekujur tubuh, saat dirinya berusaha keras untuk memadamkan sumber api.

"Saat ini, Adi masih dalam perawatan intensif di RSUD Tarutung. Peristiwa kebakaran ini masih dalam penanganan Tim Inafis Polres Taput," tukas Walpon.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022