Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara memutuskan untuk menambah tiga kabupaten sebagai daerah Survei Biaya Hidup (SBH) terbaru dari lima kota yang ada saat ini.

"Tiga kabupaten yang dijadikan SBH atau daftar IHK (Indeks Harga Konsumen) Sumut itu yakni Deliserdang, Labuhanbatu, dan Karo," ujar Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi, Nurul Hasanudin di Medan, Senin.

Kegiatan SBH merupakan satu kesatuan rangkaian selama empat tahun yaitu kegiatan persiapan pada 2021, pelaksanaan lapangan pada 2022, pengolahan dan sosialisasi hasil pada 2023, serta penggunaan hasil untuk penghitungan IHK pada 2024.

Baca juga: BPS Sumut siapkan 4.048 petugas untuk SP Lanjutan 2022

Tiga kabupaten itu melengkapi lima kota yang sebelumnya sudah dijadikan IHK yakni Kota Medan, Pematangsiantar, Sibolga, Padangsidempuan, dan Gunungsitoli.

Sebelumnya, tiga kabupaten itu dipilih karena bisa mewakili daerah lain di sekitarnya dalam menggambarkan geliat ekonomi, termasuk mewakili daerah pedesaan, setelah selama ini cenderung menggambarkan perkotaan.

"Dengan masuknya tiga kabupaten ke IHK, perhitungan inflasi di Sumut akan lebih semakin menggambarkan kondisi inflasi atau deflasi Sumut," katanya.
.
Dengan demikian, Nurul Hasanudin memastikan, tiga kabupaten Sumut yang masuk dalam daftar SBH terbaru itu nantinya menjadi bagian dari 60 kabupaten tambahan secara nasional.

Saat ini, terdapat 90 kota yang dijadikan SBH dan menjadi basis penghitungan inflasi oleh BPS, dengan rincian 34 ibukota provinsi, 31 kota dan 25 kabupaten. .

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022