Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) dan Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta) bersama Kodim 0212/TS mendukung Operasi Ketupat Toba Tahun 2022.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu mengatakan hal tersebut merupakan bentuk sinergi dan kekompakan unsur Polri, TNI dan Pemkab yang terbangun baik selama ini.

"Kiranya operasi ketupat dan sinergitas yang terbangun pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H  di Tapsel berjalan aman dan lancar serta kondusif," harap Dolly usai mengikuti Apel Operasi Ketupat Toba-2022, Jumat (22/4).

Kepada pemudik, Dolly juga tidak lupa berpesan agar tidak lupa membawa persyaratan seperti surat vaksin. Kepada masyarakat juga diminta menghindari main petasan, narkoba, balapan liar, atau sifatnya mengganggu kondusifitas daerah.

Untuk Tapsel sendiri, lanjut Dolly, didirikan 3 Pos Pengamanan dan satu Pos Pelayanan. Semua itu dalam rangka menyukseskan operasi ketupat selama 12 hari sejak 28 April hingga 9 Mei mendatang.

Demikian halnya Bupati Padang Lawas Utara Andar Amin Harahap mengatakan,"kita siap membantu dan beckup sepenuhnya demi suksesnya operasi ketupat toba-2022 khususnya di Paluta."

Keduanya,  Bupati Andar dan Dolly senada mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran apalagi melintasi wilayah Polres Tapsel Dan Paluta untuk tetap waspada di jalan, seraya diingatkan bila capek ber istirahat.

"Tentu sebelum berangkat mudik terlebih dahulu periksa kelengkapan termasuk surat vaksinasi dosis 1, 2, dan 3 (booster) tujuannya untuk aplikasi pedulilindungi, untuk memudahkan kerja petugas,"  Dolly dan Andar mengingatkan kembali.

Sementara Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing mengatakan, keterlibatan pihaknya (TNI) untuk membantu demi kelancaran musim mudik Lebaran di wilayah teritorial nya. Apalagi kali ini beda dengan dua tahun sebelumnya. Tidak ada penyekatan.

"Kita juga turut bersama gugus tugas menegakkan disiplin protokol kesehatan, paling penting vaksinasi. Karenanya kita harap masyarakat yang hendak mudik lebih dulu ikut vaksin di daerah nya," harap Dandim.

Demikian halnya Danyon C Brimob Daerah Sumut Kompol Buala Zega secara tegas menyatakan mendukung penuh kegiatan Operasi Ketupat-2022 yang melibatkan ratusan personel gabungan.

"Jadi kita juga sudah siapkan pasukan 100 orang untuk dalam waktu 24 jam siap diturunkan bilamana diperlukan demi menjaga kondusifitas kenyamanan Lebaran di wilayah hukum Polres Tapsel," ungkapnya.

Sementara Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj menjelaskan bahwa sedikitnya 290 orang personel gabungan unsur Polri, TNI, Pemkab Tapsel, Pemkab Paluta bersinergi dalam Operasi Ketupat Toba-2022.

"Personel gabungan ini akan menempati Pos Pengamanan di lima titik ruas Jalan startegis Lintas Sumatera di Tapsel tiga titik dan Paluta dua titik, tambah satu titik Pos Pelayanan di Tapsel," kata Roman

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022