Polres Batubara, Polda Sumatra Utara, melaksanakan pengamanan bagi masyarakat umat Nasrani merayakan peringatan Jumat Agung di seluruh gereja wilayah hukumnya. 
 
Kapolres Batubara AKBP Jose DC Fernandes SIK MH, Jumat, mengatakan, pengamanan yang dilakukan bertujuan untuk menciptakan rasa aman terhadap umat kristiani yang hadir di gereja melaksanakan ibadah Jumat Agung. 
 
"Selain itu, juga menjamin keselamatan bagi jiwa raga dan harta benda yang berada di lokasi pengamanan tersebut," ujar mantan Wakapolres Pelalawan ini. 
 
Dalam pelaksanaannya, sebut Jose personel melakukan sterilisasi seluruh gereja di Kabupaten Batubara dengan penyisiran dan pengecekan. 
 
"Kami dibantu oleh pihak gereja melakukan pengecekan dan penyisiran. Hasilnya, tidak ditemukan orang ataupun benda yang di curigai. Jika ada, segera melaporkan kepada personel, sehingga bisa cepat diatasi bersama-sama," sebut mantan Kasubdit Paminal Bidpropam Polda Banten ini. 
 
Pada saat pengamanan ini, kata Jose, pihaknya memfokuskan protokol kesehatan bagi jemaat yang akan memasuki rumah ibadah. 
 
"Sebelum masuk ke gereja, kami arahkan untuk mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan dan diharuskan memakai masker," pungkas lulusan Akademi Kepolisian Tahun 2001.

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022