Polres Tanjungbalai dalam menangani kasus pembakaran ruang Poli Obgyn Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Tengku Mansyur di Jalan Mayjen Sutoyo Kelurahan Perwira Kota Tanjungbalai oleh terduga ODGJ dengan cara persuasif atas dasar kemanusiaan.

Hal itu diungkapkan Kasat Reskrim Polres Tanjungbalai, AKP Eri Prasetio, usai pihaknya membuka police line pada area yang terbakar, agar dapat difungsikan kembali sebagaimana mestinya.

"Hasil penyelidikan kami, terduga yang membakar Poli Obgyn perempuan berinitial DEP disinyalir merupakan Orang Dalam Gangguan Jiwa atau ODGJ," kata Eri, Rabu (17/3/2022).

Ia melanjutkan, pascamenerima laporan dari pihak RSUD Dr Tengku Mansyur, polisi sudah bertemu dengan keluarga terduga, sejumlah warga dan Kepala Lingkungan II Kelurahan Selat Lancang, daerah tempat tinggal terduga.

Dari hasil keterangan pihak keluarga, warga dan Kepala Lingkungan, diperoleh informasi bahwa terduga DEP menderita gangguan jiwa. Namun, untuk memastikannya perlu pendapat ahli.

Baca juga: Polres Tanjungbalai selidiki kasus pasien bakar RSU Tengku Mansyur

"Kami (polisi) sedang berupaya menemukan korban yang saat ini tidak ada di rumah. Apabila ketemu, atas dasar kemanusiaan maka akan ditangani dengan cara membawanya ke rumah sakit untuk menjalani perawatan kejiwaan. Keluarganya sudah setuju," ujar Eri.

Sebagaimana diinformasikan, peristiwa pembakaran terjadi Selasa (15/3) sekitar pukul 12.20 WIB yang dilakukan pasien perempuan DEP (45) penduduk Jalan MT Haryono, Lingkungan II Kelurahan Selat Lancang, Kecamatan Datuk Bandar Timur, Kota Tanjung Balai.

Sebelum melakukan aksinya, DEP mendaftarkan diri sebagai pasien untuk konsultasi dan meminta obat penyubur untuk program bayi tabung. Padahal dirinya belum menikah.

Setelah mendapat penjelasan petugas medis bahwa RSU Tengku Mansyur tidak menyediakan program bayi tabung, pasien itu pergi dan berapa saat kemudian datang lagi dengan membawa kantong plastik berisi cairan menuju ke samping poli saraf, lalu menuangkan serta menyulutnya dengan api, sehingga membakar bagian depan Poli Obgyn.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022