Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Medan mengembangkan pengetahuan kewirausahaan melalui pelatihan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada 23-28 Februari 2022.

"Kegiatan ini kita harapkan menambah pengetahuan tentang kewirausahaan pada kondisi saat ini," terang Kepala Diskop UKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution di Medan, Rabu.(23/2). 

Selain itu, lanjut dia, pelatihan ini juga memberikan motivasi dan menambah semangat bagi pelaku UKM untuk tetap bertahan dengan beradaptasi di tengah pandemi COVID-19 yang melanda Tanah Air.

Untuk diketahui, Diskop UKM Kota Medan memberikan berbagai materi di antaranya strategi inovasi, marketing mix, bisnis kanvas, kewirausahaan, dan kiat sukses pelaku UMKM yang telah berhasil.

Baca juga: BNN Sumut-PT AP II Kualanamu sepakat antisipasi peredaran narkoba

Di samping itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk juga turut memberikan materi tentang digitalisasi dan sekaligus menyosialisasikan pasar digital (Padi).

"Kita berharap setelah pelatihan ini, pelaku UMKM bisa melihat potensi pasar, mengembangkan kreativitas dan inovasi agar bisa bersaing secara kompetitif," katanya.

Data Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan menyebut jumlah UMKM yang dibina Pemkot Medan sekitar 27.000 unit dari total 70.000 unit yang terdata.

"Karena itu kita berharap peserta mengikuti pelatihan ini dengan serius dan menyerap materi-materi yang diberikan, baik teori maupun praktek," jelas Benny.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil, Anwar Syarif, menyebut pelatihan ini diikuti 60 peserta yang terdata sebagai UMKM binaan Dinas Koperasi UKM Kota Medan.

"Ada 60 peserta merupakan pelaku UMKM Kota Medan, dan berlangsung dalam dua sesi setiap hari," terangnya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022