Badan Pengurus Daerah Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut, mencatat, ada peningkatan terus pemesanan kamar hotel menjelang Natal dan tahun baru 2022.

Ketua PHRI Sumut, Denny S Wardhana di Medan, Selasa, mengatakan, hingga awal pekan ini, pemesanan kamar hotel sudah 70 persen dari kamar yang tersedia.

"Sudah ada peningkatan 20-40 persen dari hunian hotel di tahun ini yang sebelumnya berkisar 30-50 persen akibat pendemi COVID-19,"katanya.

Diprediksi, akan ada kenaikan pesanan kamar hingga menjelang malam tahun baru 2022.

Baca juga: PHRI Sumut pastikan hotel tidak akan gelar acara malam tahun baru

Tamu hotel sebagian besar berasal dari keluarga yang berdomisili di Sumut baik yang merayakan Natal atau pun tidak.

Peningkatan pemesanan kamar hotel, ujar Denny juga dampak masih enggannya masyarakat bepergian jarak jauh di tengah masih ada pandemi COVID-19.

Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Level 3 di seluruh Indonesia sudah tidak diberlakukan lagi seperti rencana semula dan disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing, PHRI tetap meminta manajemen hotel menerapkan prokes ketat

"PHRI terus-terusan mengingatkan anggota untuk menjalankan kebijakan pemerintah dengan harapan semakin cepat pandemi COVID-19 berlalu, maka bisnis perhotelan akan pulih lagi,*ujar Denny yang Managing Director Garuda Plaza Medan itu.


Harapan PHRI, hunian hotel. di Sumut semakin membaik agar kinerja hotel semakin pulih setelah sebelumnya sebagian besar menghentikan operasional karena tidak ada tamu,

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021