Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Eddy Berutu mengatakan  di masa pandemi,  PKK sedang melakukan revitalisasi dasa wisma yang merupakan suatu kelompok yang terdiri dari 10-20 bangunan rumah yang ada di dusun. 

Dasawisma ini dikatakan Romy Mariani merupakan program yang sangat strategis karena dengan data yang ada akan bermanfaat untuk peingkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Baca juga: Ketua PKK Dairi tinjau Posyandu timbang ukur balita di Desa Simungun

"Kenapa Desa Bangun? Karena Desa Bangun merupakan desa binaan PKK Kabupaten untuk tertib administrasi di tahun 2020 dan tahun 2021. Terdapat 28 dasawisma di desa bangun, yang dilakukan pendata melakukan pendataan dan seluruh datanya akurat. Kami sangat apresiasi itu, dengan Sidasa ini kita akan memperoleh data yang lebih akurat," ujar Romy. 

Ditambahkan Romy bahwa pembentukan aplikasi ini akan saling bersinergi dengan beberapa dinas terkait, seperti dinas pendidikan maupun dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Dairi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemerintahan Desa dan Masyarakat Junihardi Siregar dalam laporannya mengatakan Sidasa merupakan salah satu program yang di gagas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Dairi. 

Sidasa ini disampaikan Junihardi akan mempermudah tim penggerak pkk dalam melakukan pendataan tentang keluarga dan akan tersimpan dan terkoneksi ke beberapa lintas OPD. 

"Kita harapkan semua kecamatan dan desa harus dapat memanfaatkan aplikasi sidasa ini dalam melakukan pendataan. Pendataan bisa dilakukan melalui smartphone untuk mempermudah pendataan di lapangan. Untuk aplikasi Sidasa ini, belum ada di Kabupaten/Kota di Sumatera Utara dan masih hanya ada di Kabupaten Dairi," ujar Junihardi.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021